Diet
+1

5 Kebiasaan Diet yang Menjanjikan Penurunan Berat Badan

January 16, 2022 | Iman

protein

Penurunan berat badan memiliki manfaat besar mulai dari meningkatkan penampilan hingga meningkatkan kesehatan dan imunitas secara keseluruhan. Namun, banyak yang tidak berhasil mencapai berat badan yang optimal. Salah satu alasan utama kegagalan ini adalah ketidakkonsistenan dalam diet.

Meskipun ada perbedaan pendapat tentang bagaimana seseorang harus menurunkan berat badan, yang paling menjanjikan di antara semuanya adalah perubahan pola makan. Bagi Anda yang sedang berencana untuk menurunkan berat badan atau yang sedang mengincar berat badan tertentu, berikut 5 kebiasaan diet yang perlu Anda praktikkan.

Tingkatkan asupan protein

Tingkatkan asupan protein Anda setiap hari. Jumlah protein yang tepat sangat penting untuk mempertahankan kekuatan inti dan massa otot Anda sementara berat ekstra hilang. Tapi, diet tinggi protein tidak dianjurkan dalam jangka panjang. Seseorang harus menghubungi ahli gizi, mendiskusikan kondisi medis yang mendasarinya dan kemudian mencari rekomendasi tentang jumlah protein yang dapat dikonsumsi setiap hari. Menurut studi, orang dewasa harus mengonsumsi 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Dikatakan seorang pria dewasa harus mengkonsumsi 56 gram protein per hari dan seorang wanita dewasa harus mengkonsumsi 46 gram protein per hari.

Tingkatkan asupan serat

Serat pada dasarnya berbasis tanaman dan sangat direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan bahan makanan yang dicerna, membersihkan sistem pencernaan, dan memperlancar buang air besar. Sesuai rekomendasi ahli, pria dan wanita dewasa harus makan 38 gram dan 25 gram serat per hari.

YesDok Ads

Biasakan minum air sebelum makan

Saat mencoba segala cara untuk menurunkan berat badan, seringkali kita lupa untuk memperhatikan asupan air. Air adalah cairan ajaib dalam hal menurunkan berat badan. Rata-rata manusia normal harus minum 3-4 liter air. Salah satu cara termudah untuk melacak asupan air adalah dengan meminumnya selama aktivitas penting.

Kurangi karbohidrat

Dokter dan ahli selalu menyarankan untuk membatasi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan protein dan sayuran. Bahkan pelatih kebugaran merekomendasikan untuk memotong asupan karbohidrat untuk menurunkan berat badan.

Jangan makan terlalu cepat

Makan perlahan dengan mengunyah makanan secara cukup, baik bagi metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik memastikan kesehatan yang baik. Metabolisme yang tidak tepat menyebabkan beberapa komplikasi, yang menonjol di antaranya adalah sembelit. Jadi setiap kali Anda mengunyah makanan, Anda mempermudah tubuh untuk memetabolismenya. Makanan harus dikunyah 32 kali sebelum ditelan.

YesDok Ads