5 Jenis Sakit Kepala yang Wajib Anda Ketahui

January 27, 2020 | Aqiyu

Sakit kepala

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Namun, sakit kepala yang terjadi ternyata ada beberapa jenisnya. Hal ini tergantung pada letak sakitnya, penyebab hingga tingkat keparahannya.

Sakit kepala tidak boleh Anda abaikan, karena ada jenis sakit kepala yang berbahaya hingga mematikan. Berikut lima jenis sakit kepala yang wajib Anda ketahui:

Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang atau tension merupakan jenis sakit kepala yang sering kali terjadi. Gejalanya meliputi nyeri ringan yang tidak berdenyut. Seseorang yang mengalami sakit kepala jenis ini akan merasakan keluhan sakit kepala tiba-tiba di kedua bagian kepala, belakang mata atau leher. Untuk mengatasinya, Anda cukup dengan tidur, makan atau mengonsumsi obat pereda nyeri.

Migran

Siapa yang tidak tahu migran. Sakit kepala jenis ini memberikan keluhan sakit seperti berdenyut hanya di bagian sebelah kepala saja. Biasanya rasa nyeri lebih sering dirasakan di samping kepala. Selain itu, keluhan migran bisa disertai dengan mual, sensitif terhadap cahaya dan suara keras. Cara mengatasinyan, kompres baagian kepala yang sakit denga es atau air hangat.

Meningitis

YesDok Ads

Meningitis adalah infeksi pada selaput otak, yang terjadi akibat infeksi bakteri maupun virus. Penderita meningitis biasanya akan merasakan keluhan sakit kepala yang hebat, demam tinggi, kaku leher, penurunan kesadaran, napsu makan hilang, mual dan kejang. Meningitis termasuk kondisi kesehatan yang membahayakan karena bisa menyebabkan kematian.

Tumor otak

Fakta menyebutkan bahwa 1% sakit kepala disebabkan oleh tumor otak. Gejala timbulnya tumor otak sangat bervariasi. Mulai dari sakit kepala yang sering kali hilang dan datang kembali, kepala terasa berat dan berdenyut. Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak termasuk berbahaya apalagi jika tumor tersebut bersifat ganas.

Sakit kepala sinus

Sakit kepala ini muncul disebabkan oleh sinus yang disertai dengan demam, pembengkakan wajah, dan ketegangan di dahi serta tulang pipi. Saat sakit kepala ini muncul gejalanya seperti adanya tekanan dan rasa sakit yang mendalam di dahi, area alis mata dan di bawah mata.  

(Foto: sportsmedicine)

YesDok Ads