5 Inspirasi Makanan Sehat Jelang Lebaran

May 10, 2021 | Iman

salad buah

Dengan adanya pandemi Covid-19, Kesadaran masyarakat mengonsumsi makanan sehat semakin meningkat. 

Pada saat lebaran, makanan sehat juga bisa menjadi alternatif. Anda boleh konsumsi beberapa makanan khas lebaran, namun sebaiknya jangan berlebihan, kecukupan buah dan sayur sangat penting untuk diperhatikan agar setelah Lebaran tubuh anda tetap bugar.

Berikut adalah inspirasi makanan sehat jelang lebaran.

1. Hindari Makanan Kemasan 

Membuat kue atau camilan sendiri di rumah dapat menjadi alternatif makanan yang lebih sehat saat Lebaran. Dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat.

2. Tambah Konsumsi Serat 

Menyajikan sayur-sayuran, misalnya salad, di antara hidangan Lebaran bisa menyeimbangkan kebutuhan serat dan vitamin tubuh.

YesDok Ads

3. Ingin Minuman Manis, Ganti dengan Smoothies  

Minuman manis tentunya menjadi andalan saat merayakan hari kemenangan, namun yang perlu diperhatikan adalah hindari mengonsumsi minuman yang mengandung terlalu banyak gula.

4. Perbanyak Minum Air Putih 

Minum air putih sangat disarankan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Kandungan mineral yang baik di dalam air putih juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar menyambut hari kemenangan.

5. Salad Buah jadi Dessert 

Kombinasikan potongan buah-buahan dengan yoghurt dan granola agar makan buah jadi menyenangkan. Selain itu, salad buah juga bisa menjadi menu penyegar yang sangat praktis untuk disajikan saat Lebaran.

YesDok Ads