5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Kulit

December 30, 2021 | Helmi

kulit

Kulit yang sehat dan bersinar adalah keinginan banyak orang. Kondisi kulit tersebut merupakan tanda gaya hidup sehat. 

Tapi, sebelum Anda melakukan perawatan untuk mendapatkan kulit yang sehat, anda perlu memahami apa penyebab berbagai gangguan kulit. Ada banyak faktor yang berdampak negatif pada kesehatan kulit kita.

Dr Jaishree Sharad, seorang dokter kulit, menjabarkan lima musuh utama yang dapat membahayakan kulit. Berikut sejumlah penjelasannya:

1. Sinar Matahari

Sinar matahari adalah sekelompok radiasi yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. 

Radiasi ini juga menyebabkan munculnya garis-garis halus, kerutan, alergi dan tan. UVB dari sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Gula

Banyak yang mungkin tidak mengira bahwa gula dapat merusak kulit. Tapi nyatanya memang begitu. Gula menyebabkan glikasi, yaitu proses yang memecah serat kolagen yang penting untuk membuat jaringan kulit kita halus dan kencang. 

YesDok Ads

Kerusakan serat kolagen menyebabkan penuaan dini. Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon IGF1 dan peningkatan jerawat.

3. Stres

Terlalu banyak stres pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan kulit. Stres melepaskan kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan jerawat, rambut rontok, lingkaran hitam, dan penuaan dini. Ini juga dapat memperburuk kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

4. Polusi

Polusi adalah faktor utama di balik kerusakan kulit. Ini meningkatkan radikal bebas di kulit. Polusi juga merusak serat kolagen dan elastin dan memfasilitasi penuaan dini.

5. Merokok

Jika ingin kulit sehat, lebih baik menjauhi rokok. Karena merokok juga merusak serat kolagen dan menyebabkan jerawat, lingkaran hitam dan tanda-tanda penuaan.

YesDok Ads