5 Gejala Umum Batu Ginjal yang Perlu Diketahui

December 14, 2019 | Iman

Sakit dibawah perut

Jika ada orang di sekitar atau keluarga Anda pernah ada yang menderita batu ginjal, Anda pasti tahu betapa sakitnya kondisi yang satu ini. 

Beberapa keluhan seperti rasa sakit yang tiba-tiba lalu intens atau terus menerus, telah menjadi keluhan yang dideskripsikan oleh beberapa orang penderita batu ginjal, bahkan tidak jarang yang menyebut kondisi ini lebih menyakitkan daripada melahirkan. 

Salah satu tanda yang jelas dari keluhan batu ginjal adalah adanya rasa sakit yang hebat di perut bagian bawah. Berikut adalah beberapa  tanda dan gejala umum batu ginjal yang harus Anda waspadai seperti dilansir laman Times of India.

1. Kurang Hidrasi

Perlu diketahui, Batu ginjal adalah kumpulan mineral dan garam yang sebagian besar terdiri dari kalsium, asam urat dan umumnya berbentuk keras. Ketika Anda tidak terhidrasi dengan baik, urin akan menjadi lebih terkonsentrasi sehingga ada tingkat mineral tertentu yang meningkat dan mengarah ke pembentukan batu ginjal. Oleh sebab itu, pastikan kecukupan hidrasi anda dengan banyak minum atau konsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka.

2. Rasa Sakit yang Hebat

Seseorang mulai merasakan sakit ketika adanya tekanan menumpuk di ginjal karena pergerakan batu ke rahim yang sempit sehingga menyebabkan penyumbatan. Tekanan ini secara otomatis mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak dan seseorang akan merasakan sakit hebat di punggung, atau di bawah tulang rusuk.

3. Rasa Terbakar 

Jika Anda mengalami rasa sakit parah atau merasakan sensasi terbakar setiap kali Anda pergi ke toilet, itu mungkin karena adanya batu ginjal. Anda perlu khawatir, sebab rasa sakit saat buang air kecil terjadi ketika batu sudah mencapai sendi antara ureter dan kandung kemih. 

4. Bercak Darah di Urin

Ini sangat perlu diwaspadai, adanya darah dalam urin adalah gejala lain dari batu ginjal. Jika Anda melihat bercak darah merah, merah muda atau coklat dalam urin Anda, maka segeralah pergi ke dokter.

5. Sering ke Toilet

Kondisi batu Batu ginjal terjadi saat batu besar tersangkut di ureter dan menghalangi aliran urin. Karena kondisi tersebut, Anda pasti akan pergi ke toilet lebih sering.

6. Mual dan Muntah

Seperti rasa sakit yang hebat di perut, biasanya orang yang menderita batu ginjal juga mengalami keluhan lainnya seperti mual dan muntah, itu terjadi karena adanya hubungan antara saraf ginjal dan saluran pencernaan.

(Foto : msn.com)

YesDok Ads