5 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadari

December 29, 2019 | Aqiyu

Sakit hati

Ada beberapa tanda yang muncul dalam tubuh bisa dijadikan indikator kesehatan. Namun sayangnya, tanda-tanda ini jarang disadari dan bahkan diabaikan karena dianggap sebagai masalah kesehatan biasanya.

Seperti penyakit hati, ada tanda-tanda yang muncul saat Anda terkena masalah kesehatan pada hati. Adapun tanda-tandanya sebagai berikut:

Kulit gatal

 

Kulit gatal bisa menjadi pertanda dari gejala kerusakan hati yang sering tidak disadari. Kulit yang gatal ini disebabkan saat empedu masuk ke dalam aliran darah akibat hati yang rusak.

 

spider angioma

Spider angioma merupakan kumpulan pembuluh darah arteriol kecil di bawah kulit yang melebar, bergerombol dan membentuk seperti kaki laba-laba. Munculnya spider angioma biasanya dikarenakan oleh paparan sinar matahari, perubahan hormon di dalam tubuh hingga penyakit hati.

YesDok Ads

Memar

Orang yang mengidap penyakit hati pada umumnya lebih mudah mengalami memar akibat cedera ringan. Penyebabnya adalah hati memperlambat atau menghentikan produksi protein yang dibutuhkan dalam pembekuan darah.

Bau mulut

Bau mulut bukan karena tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi. Karena bau mulut bisa menjadi salah satu pertanda dari penyakit serius seperti gagal hati. Saat seseorang mengalami gagal hati maka senyawa dimetil sulfida di dalam darah meningkat. Hal ini paling umum terjadibpada orang yang mengalami sirosis hati.

Bintik cokelat di wajah

Hati-hati bila muncul bintik cokelat di wajah, bintik cokelat di wajah bukan hanya karena aparan sinar matahari. Tetapi bisa menjadi tanda bahwa hati Anda tidak berfungsi dengan baik dan semestinya. Ketika hati tidak bekerja dengan normal, hormon estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan. Lalu kondisi ini menghasilkan zat yang disebut tyrosinase. 

(Foto: healtline)

YesDok Ads