5 Gabungan Makanan Ideal untuk Tingkatkan Penyerapan Nutrisi

December 15, 2019 | Iman

Makanan bernutrisi

Di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan. Ada siang dan malam, terang dan gelap, semua itu demi keseimbangan, hal serupa juga terjadi pada makanan. Menurut sebuah studi, ada beberapa makanan yang dapat digabungkan demi menciptakan selera dan nutrisi yang baik bagi tubuh.


Makanan-makanan ini diyakini dapat berperan dalam penyerapan nutrisi yang lebih maksimal. Sebagaimana kita tahu, tubuh amat membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tetap sehat. Dilansir Times of India, berikut jenis makanan yang dapat dikombinasikan demi penyerapan nutrisi yang maksimal.


1. Vitamin C dan Zat Besi

Untuk menyerap zat besi dari bahan makanan nabati tubuh Anda harus mengonsumsi makanan kaya vitamin C. Peran vitamin C membantu memecah zat besi dari nabati menjadi bentuk yang lebih sederhana yang mudah diserap tubuh. Coba kombinasikan bayam dengan jus lemon jika Anda kekurangan zat besi.

 
2. Kalsium dan Vitamin D

Kombinasi makanan ini mungkin telah lama dikenal dan cukup familiar di telinga kita. Kombinasi kedua nutrisi ini membantu menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat. Untuk penyerapan kalsium yang optimal, Anda perlu mengonsumsi vitamin D. Meskipun sumber vitamin D terbesar adalah sinar matahari, beberapa makanan lain juga mengandung banyak vitamin D seperti keju, kuning telur. Jadi, Anda bisa pasangkan kedua nutrisi ini bersama-sama agar tetap sehat dan bugar.


3. Tomat dan Lemak Baik

YesDok Ads

Tomat mengandung antioksidan penangkal penyakit yang dikenal sebagai likopen yang memiliki sifat melawan kanker. Tetapi untuk menyerap nutrisi maksimum dari tomat, Anda dapat menyajikan dengan lemak baik seperti minyak zaitun dan alpukat.

 
4. Kunyit dan Lada Hitam

Kunyit adalah bumbu dapur yang biasa ditemukan di setiap rumah tangga di Asia. Bumbu kekuningan ini dikemas dengan kandungan antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Asupan kunyit dapat meringankan gejala radang sendi dan bahkan bermanfaat untuk ginjal. Tahukah Anda jika kunyit dapat bermanfaat jika dikombinasikan dengan lada hitam. Kandungan senyawanya dapat lebih bekerja optimal bagi kesehatan Anda.

 
5. Beri dan Biji-bijian

Mengonsumsi oatmeal mungkin menyehatkan, namun akan lebih sehat lagi jika Anda mengkombinasikan buah beri pada sajian mangkuk sarapan Anda. Keduanya bermanfaat sesuai perspektif nutrisi. Buah beri kaya akan serat, serta oatmeal kaya akan biji-bijian yang mengemas kandungan zat besi dan vitamin B. Jika keduanya disajikan bersama, bisa jadi menu Andalan tepat sarapan pagi Anda.

(Foto: forbes.com)

YesDok Ads