5 Fakta Mengejutkan Seputar Urine

May 27, 2019 | Claudia

Buang air kecil merupakan satu hal yang pasti dilakukan manusia setiap harinya. Meski begitu, hanya sedikit dari kita yang mengetahui fakta-fakta kesehatan seputar urine.

Apakah Anda pernah menghitung berapa kali Anda buang air kecil dalam sehari? Apakah Anda sadar berapa frekuensi buang air kecil yang dibutuhkan seseorang dalam sehari yang dapat menjadi pertanda bahwa kesehatannya baik? Kebanyakan dari kita mungkin tidak bisa menjawab pertanyaan ini.

Seringkali, banyak orang tidak buang air kecil secara teratur karena jadwal yang sibuk atau karena ketidaksadaran bahwa seseorang harus buang air kecil secara teratur, karena buang air kecil yang teratur dapat menghindari penyakit tertentu.

Urine adalah cairan kuning pucat yang merupakan produk sampingan dari sisa metabolisme yang diproduksi dalam tubuh. Urine terakumulasi di dalam ginjal dan ketika keluar dari ginjal, urine memasuki rahim, kemudian kandung kemih dan akhirnya dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

 

 

Berikut ini merupakan beberapa fakta mengejutkan tentang urine yang harus Anda ketahui:

YesDok Ads

Fakta 1
Tubuh manusia menghasilkan sekitar 2-2,5 liter urine per hari, bahkan jika Anda tidak mengonsumsi lebih dari 2 liter air di hari itu. Ini karena urine dapat berasal dari sisa makanan yang terkumpul di tubuh Anda juga!

Fakta 2
Urine dianggap sebagai salah satu cara alami terbaik untuk mendetoksifikasi sistem dalam tubuh Anda. Cukup buang air kecil secara berkala untuk menghilangkan racun, limbah, mikroba, dan lain-lain.

Fakta 3
Paruresis adalah gangguan kecemasan sosial, di mana seseorang tidak dapat mengeluarkan urine di toilet umum, di hadapan orang lain, bahkan jika mereka berada di balik pintu tertutup!

Fakta 4
Terlalu sering buang air kecil, yakni, lebih dari beberapa kali dalam satu jam dapat menjadi tanda gangguan tertentu seperti diabetes, kandung kemih yang terlalu reaktif, infeksi kandung kemih, dan lain-lain.

Fakta 5
Jika Anda melihat bahwa urine Anda terlalu berbusa, ini bisa jadi indikasi gangguan ginjal dan Anda harus memeriksanya lebih awal!

(Foto: timeslifestyle.net)

YesDok Ads