5 Fakta ASI yang Wajib Diketahui

November 25, 2021 | Claudia

ASI

Saat memiliki bayi, memberikannya nutrisi yang tepat adalah hal yang sangat penting. ASI adalah pilihan nutrisi yang terbaik, dan paling aman untuk diberikan kepada bayi terutama bayi baru lahir.

Berikut ini merupakan fakta-fakta menakjubkan seputar ASI yang harus Anda tahu:

ASI adalah makanan siap saji yang sempurna

Anda tak perlu repot-repot untuk menyajikan ASI bagi bayi Anda. ASI tersedia langsung dari tubuh Anda, di mana bayi juga bisa langsung menyesapnya untuk mendapat nutrisi yang ia perlukan. 

ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk berkembang

ASI mengandung sema karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk bayi berkembang. Selain itu, 87 persen kandungan air dalam ASI menjadikannya sebagai satu-satunya cairan yang dibutuhkan bayi, sampai ia mengenal cairan atau minuman lainnya.

Rasa ASI berubah, tergantung apa yang ibu makan

YesDok Ads

ASI tak hanya memiliki satu rasa. Rasa yang dimiliki ASI bergantung pada apa yang ibu makan. Ini merupakan salah satu kelebihan ASI, di mana bayi yang menerimanya jadi sudah terbiasa untuk mengenal berbagai rasa.

ASI meningkatkan kekebalan tubuh

ASI dikemas dengan sel darah putih, yang siap membantu bayi melawan infeksi. Selain itu, jika kondisi ibu memburuk, tubuh akan mulai membuat antibodi yang dirancang untuk melawan infeksi tertentu, yang kemudian antibodi ini bisa didapatkan bayi melalui ASI yang diminumnya.

ASI dapat membantu luka lebih cepat sembuh

Tahukah Anda, ASI juga memiliki sifat anti-inflamasi? Ini bisa membantu penyembuhan untuk segala jenis luka, mulai dari luka ringan hingga luka berat.

(Foto: evidentlycochrane.net)

YesDok Ads