5 Efek Negatif Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Tubuh

June 01, 2020 | Helmi

makanan manis

Gula memberikan rasa manis pada makanan atau minuman. Menambahkannya pada makanan dan minuman dapat meningkatkan cita rasanya. Namun, masalah timbul ketika Anda mengonsumsi banyak gula daripada yang dibutuhkan tubuh Anda.

Berikut adalah alasan utama mengapa terlalu banyak makan gula tidak baik untuk Anda:

Membuat Penurunan Berat Badan Sulit

Asupan gula berlebih dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Studi menunjukkan bahwa konsumsi jenis gula tertentu (terutama fruktosa yang ada di sebagian besar makanan olahan dan minuman manis) dapat meningkatkan rasa lapar dan memengaruhi hasrat untuk makan.

Terlalu banyak gula ditunjukkan dalam penelitian lain untuk mengganggu hormon dan nafsu makan yang penting sambil meningkatkan jenis lemak tubuh berbahaya yang disebut lemak visceral, yang terletak jauh di dalam perut Anda.

Kekurangan Nutrisi

Jika Anda menjalankan pola makan yang penuh dengan makanan olahan dengan tambahan gula, mungkin sulit untuk mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Misalnya, jika Anda makan banyak makanan manis setiap hari, ada kemungkinan besar Anda mengonsumsi kalori yang mengandung gula, sehingga Anda tidak bisa makan makanan yang seimbang.

Meningkatkan Risiko Diabetes

YesDok Ads

Diabetes, khususnya diabetes tipe 2, berkembang ketika tubuh Anda tidak menanggapi insulin, yang menghilangkan gula darah dan memindahkannya ke sel-sel tubuh, tetapi juga dapat terjadi jika pankreas Anda tidak memproduksi cukup hormon.

Jika tidak diobati, ini menghasilkan kadar gula darah tinggi kronis, yang menyebabkan komplikasi seperti kerusakan saraf dan penyakit kardiovaskular.

Studi menunjukkan bahwa minum minuman manis meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Penting untuk dicatat bahwa selain dari konsumsi gula, faktor risiko diabetes juga termasuk aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol.

Merusak Gigi Anda

Gula juga menyebabkan gigi berlubang. Fermentasi gula melepaskan asam yang makan ke dalam email gigi Anda. Plak gigi lengket, membuat bakteri dan asam menempel dengan gigi Anda dan menyebabkan lubang di email Anda tumbuh.

Asupan gula berlebihan - terutama jika ditambah dengan kebersihan mulut yang buruk - dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Dapat Meningkatkan Risiko Depresi

Satu studi pada lebih dari 69.000 wanita menyimpulkan bahwa konsumsi gula tambahan yang "semakin tinggi" dikaitkan dengan "meningkatnya kemungkinan insiden depresi." Studi lain menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya akan makanan bergizi dapat melindungi Anda dari depresi.

(Foto: Apetite Doctor)

YesDok Ads