Diet
+1

5 Dampak Negatif Konsumsi Junk Food bagi Wanita

September 06, 2022 | Claudia

Konsumsi Junk Food Bagi Wanita

Makanan cepat saji atau junk food sudah lama dikenal tidak baik untuk kesehatan. Dampak kerugian mengonsumsi junk food terlalu sering sebenarnya bisa dirasakan siapa saja, tapi kerugian konsumsi junk food bagi wanita mungkin akan lebih spesifik.

Banyak orang menyukai junk food, meski tahu bahwa makanan ini tidak sehat. Rasanya yang gurih dan enak saat dimakan, membuat junk food memiliki banyak penggemar, terutama di kalangan wanita. Padahal, tidak ada nutrisi yang bermanfaat dalam makanan junk food, sehingga mengonsumsinya secara berlebihan hanya akan mendatangkan kerugian untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini dampak konsumsi junk food bagi wanita jika dilakukan secara berlebihan:

Mengacaukan siklus menstruasi

Seorang wanita yang makan junk food secara berlebihan bisa memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Bahkan, menstruasi bisa tidak terjadi sama sekali jika konsumsi junk food secara berlebihan tidak juga dihentikan.

Sulit hamil

Dampak konsumsi junk food bagi wanita yang dilakukan secara berlebihan juga bisa membuat seorang wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan junk food setidaknya 4 kali dalam seminggu, dapat meningkatkan risiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami infertilitas atau tidak subur.

Diabetes

YesDok Ads

Konsumsi junk food berlebihan juga bisa menyebabkan diabetes. Makanan-makanan junk food umumnya memiliki kandungan kalori yang tinggi, sementara sangat rendah atau bahkan tidak ada sama sekali kandungan serat dan vitamin. Mengonsumsi junk food bisa menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat.

Tak hanya itu, kandungan lemak trans yang juga tinggi dalam junk food bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut. Ini membuat insulin tidak dapat bekerja dengan optimal, sehingga kadar gula dalam darah sulit dikendalikan, dan risiko diabetes pun meningkat.

Obesitas

Tingginya kandungan kalori, gula, garam, dan lemak trans yang tinggi dalam junk food, bisa menyebabkan terjadinya obesitas jika mengonsumsi makanan ini secara berlebihan. Tingkatkan asupan serat untuk bisa menurunkan risiko obesitas. Tahukah Anda, obesitas merupakan salah satu induk dari banyak penyakit? Untuk itu, sebaiknya segera kurangi kebiasaan mengonsumsi junk food yang tidak sehat ini.

Menyebabkan kecanduan

Ternyata mengonsumsi junk food juga menyebabkan kecanduan. Otak manusia bisa dengan cepat mengenali makanan yang memberikan rasa bahagia. Ini membuat Anda ingin terus-menerus mengonsumsinya. Kecanduan makanan junk food yang tidak segera dikendalikan, bisa menyebabkan banyak masalah pada kesehatan tubuh Anda.

(Foto: bbc.com)

YesDok Ads