5 Cara untuk Meredakan Batuk Secara Alami

May 13, 2021 | Helmi

batuk

Batuk adalah refleks alami yang terjadi ketika ada sesuatu yang mengiritasi tenggorokan atau saluran udara Anda. Batuk sesekali normal dan bahkan sehat karena membantu tubuh mengeluarkan lendir dan kotoran yang menumpuk. 

Namun, terkadang batuk yang cukup sering dapat menimbulkan rasa sakit atau juga melelahkan. Batuk yang disebabkan asma, infeksi, dan alergi harus ditangani oleh penyedia layanan kesehatan. 

Meski demikian terdapat sejumlah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk untuk mengobati batuk. Berikut ini beberapa tipsnya.

Konsumsi Madu

Madu memiliki tekstur yang sangat kental dan bekerja mirip dengan obat batuk. Saat dikonsumsi, madu dapat melapisi lapisan tenggorokan, mengurangi rasa sakit atau gatal. 

Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal Archives of Pediatric and Adolescent Medicine menemukan bahwa madu lebih efektif dalam mengobati batuk malam hari daripada Dextromethorphan, obat batuk umum, yang umumnya tidak dianjurkan untuk anak-anak - terutama di bawah usia 6 tahun.

Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri - yang berkontribusi pada efek pereda nyeri. Kandungan ini membantu melawan infeksi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu membunuh bakteri dan mengencerkan lendir di tenggorokan Anda. Mengencerkan lendir di tenggorokan akan membantu membersihkan sinus dan menghilangkan batuk lebih cepat. 

Kumur dengan air garam ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi akibat batuk terus-menerus.

YesDok Ads

Meskipun kebanyakan orang lebih suka berkumur dengan air garam hangat, air dingin mungkin memiliki efek meredakan batuk yang sama. 

Konsumsi Jahe

Jahe merupakan tanaman tropis yang biasa digunakan sebagai suplemen makanan. Dapat membantu mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk mual, flu biasa, atau gejala kemoterapi.

Seperti madu, senyawa bioaktif dalam jahe memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi. Jahe juga memiliki rasa pedas, yang merangsang produksi air liur, dan dapat membantu memperbaiki mulut atau tenggorokan yang kering.

Menghirup Uap

Menghirup uap membantu melonggarkan hidung tersumbat. Ini akan membuat Anda lebih mudah mengeluarkan ingus dan lendir yang menumpuk di tenggorokan. Karena uap dapat melembabkan sakit tenggorokan, uap juga dapat meredakan nyeri.

Untuk bantuan sementara, cobalah menghirup uap dari wadah berisi air hangat. Letakkan wadah tersebut tepat di depan wajah Anda. Tutupi kepala Anda dengan handuk untuk membantu menangkap uap, tetapi berhati-hatilah agar tidak terlalu dekat. Anda juga bisa mendapatkan efek serupa dengan mandi air panas.

Minum Air

Salah satu cara termudah dan teraman untuk meredakan batuk adalah dengan tetap terhidrasi. Air minum membantu mengencerkan lendir, membiarkannya keluar dari tubuh melalui mulut atau hidung. Ini juga dapat membantu mereka yang sakit mengganti cairan yang hilang karena berkeringat atau pilek.

YesDok Ads