5 Cara Mudah Bersihkan Lidah

August 20, 2020 | Claudia

Lidah

Selama ini, kita selalu merasa membersihkan gigi saja sudah cukup untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area mulut. Tapi, tahukah Anda bahwa menyikat gigi atau melakukan flossing gigi saja belum cukup? Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan mulut yang bersih, maka Anda juga harus mulai membersihkan lidah Anda.

Lidah merupakan salah satu indera yang bertugas mengecap rasa makanan. Namun tak hanya itu, kondisi lidah bahkan juga bisa membantu menunjukkan kondisi kesehatan tubuh. Jika kita membicarakan tentang kesehatan mulut, maka seharusnya kita tak hanya berfokus pada gigi, namun juga pada bagian tubuh lainnya seperti gusi dan lidah. Membersihkan lidah tak kalah pentingnya dengan membersihkan gigi, sebab lidah yang tidak higienis bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti bau mulut atau gigi busuk.

Sudah tahu bagaimana cara membersihkan lidah dengan baik dan benar? Berikut kami bagikan tipsnya untuk Anda:

Menyikat lidah

Siapa yang sudah rajin menyikat lidah? Membersihkan lidah dengan sikat khusus dapat membantu menyingkirkan bakteri dan segala kotoran penyebab masalah. Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat yang terbuat dari bahan plastik atau logam, namun hati-hati, jangan menekan lidah terlalu keras agar terhindar dari pendarahan.

Obat kumur

Berkumur dengan obat kumur juga bisa membantu membersihkan lidah Anda. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri di lidah yang bisa menyebabkan bau mulut.

YesDok Ads

Air garam

Selain dengan obat kumur, Anda juga bisa merawat lidah dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Rutin berkumur dengan air garam dapat mencegah penumpukan bakteri di lidah, karena air garam dapat menyapu bersih sisa makanan dan kotoran di mulut yang bisa menyebabkan bau tak sedap.

Minum air

Dehidrasi bisa menyebabkan perubahan warna pada lidah dan membuat lidah kering. Kondisi mulut yang kering bisa menimbulkan bau tak sedap yang tidak Anda harapkan. Maka, penuhi kebutuhan air Anda setiap hari agar tak sampai mengalami dehidrasi.

Teh hijau

Rutin minum teh hijau dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan lidah. Ini karena teh hijau dapat membantu menghilangkan kelebihan bakteri penyebab masalah di mulut.

(Foto: humdental.com)

YesDok Ads