5 Cara Mengurangi Konsumsi Gula

October 20, 2020 | Helmi

makanan manis

Gula memang sesuatu yang sangat menggoda. Rasa manis yang dihasilkannya membuat cita rasa makanan atau minuman semakin nikmat.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi gula ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh. Seperti obesitas dan sindrom metabolik, penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peradangan kronis, penyakit hati berlemak nonalkohol, plak dan gigi berlubang.

Untuk Anda yang sudah terlanjur jatuh cinta pada manisnya gula, berikut ini adalah tips untuk mengurangi asupan gula atau makanan manis demi kesehatan tubuh Anda.

Lakukan Bertahap

Salah satu hal terpenting yang harus diingat saat mengubah pola makan adalah melakukannya secara bertahap. Beralih dari pola makan penuh gula ke pola makan tanpa gula harus dilakukan secara perlahan.

Seseorang juga dapat mencoba mengurangi jumlah gula dan krim yang mereka tambahkan ke kopi atau teh mereka, hingga akhirnya tidak menggunakan sama sekali.

Lakukan secara bertahap agar tubuh juga tidak terkejut. Perlahan tapi pasti, Anda mulai mengurangi asupan gula dari makanan dan minuman Anda sehari-hari.

Baca label produk

Membaca label produk pada makanan atau minuman dapat membantu mereka mengidentifikasi jenis gula yang harus dihindari.

Gula memiliki banyak nama dan terdapat dalam banyak sirup dan konsentrat yang berbeda. Setidaknya ada 61 nama berbeda untuk gula pada label makanan. Membaca label adalah suatu keharusan bagi orang yang ingin mengikuti diet tanpa gula.

Produk seperti saus salad dan bumbu, saus pasta, sereal sarapan, susu, dan granola bar sering kali mengandung gula dalam daftar bahannya.

YesDok Ads

Hindari karbohidrat sederhana

Banyak diet tanpa gula juga menganjurkan agar orang menghindari karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana termasuk tepung putih, pasta putih, dan nasi putih.

Tubuh dengan cepat memecah karbohidrat dalam makanan ini menjadi gula. Proses ini menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Seseorang biasanya dapat mengganti karbohidrat sederhana dengan pilihan biji-bijian utuh.

Hindari gula buatan

Gula buatan adalah subjek kontroversi di industri makanan. Mereka jauh lebih manis daripada gula tetapi mengandung sedikit atau tidak ada kalori sama sekali.

Namun, mengonsumsi gula buatan dapat mengelabui tubuh dengan berpikir bahwa sebenarnya ia mengonsumsi gula. Hal ini dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk mengidam gula, membuatnya lebih sulit untuk tetap berpegang pada diet tanpa gula.

Jangan minum gula

Gula mungkin mudah dihindari dalam makanan olahan. Namun, minuman yang dimaniskan dengan gula adalah salah satu sumber gula tambahan yang paling signifikan dalam makanan. Ini termasuk soda, kopi, teh manis, dan jus buah.

Mengganti minuman ini dengan teh herbal tanpa pemanis, kopi tanpa gula, air mineral bersoda, atau hanya air dapat membantu seseorang tetap terhidrasi tanpa meningkatkan asupan gula. 

(Foto: webmd)

YesDok Ads