5 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang dengan Cepat

August 02, 2022 | Claudia

Cara Mengembalikan Suara Yang Hilang

Pernahkah Anda pergi ke tempat karaoke atau konser musik dan bersenang-senang dengan terus bernyanyi bersama, tapi setelah pulang, suara Anda habis atau hilang? Meski ini merupakan masalah yang umum, dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun ada cara mengembalikan suara yang hilang dengan cepat, yang bisa Anda coba jika tidak nyaman dengan kondisi ini.

Kondisi suara yang hilang terjadi karena kota suara atau organ laring Anda meradang. Suara yang kita keluarkan berasal dari kotak suara dan pita suara. Udara yang masuk ke dalam tenggorokan dapat membuat pita suara bergetar, sehingga menghasilkan suara dengan jelas. Akan tetapi, ada kalanya kotak suara bisa meradang, yang disebut dengan laringitis.

Laringitis bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari infeksi virus hingga terlalu sering berteriak atau bernyanyi-nyanyi dalam suara yang keras.

Bagi Anda yang tidak betah dengan kondisi ini, berikut cara mengembalikan suara yang hilang yang bisa segera Anda coba:

Perbanyak minum air putih

Peradangan pada kotak suara bisa membuat jaringan di dalamnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga membuat suara seseorang menghilang. Saat Anda menderita laringitis, mulut dan seluruh bagiannya akan terasa sangat kering, untuk itu, memperbanyak minum air putih akan sangat tepat untuk mengatasi hal ini dan menjaga tubuh dari dehidrasi.

Mengonsumsi cairan yang hangat

Anda juga bisa meminum cairan hangat sebagai salah satu cara mengembalikan suara yang hilang. Minumlah secangkir teh hangat atau susu hangat, atau bisa juga semangkuk sup, untuk mengatasi laringitis dan mengembalikan suara yang hilang.

Cairan yang hangat dipercaya dapat membantu melegakan tenggorokan gatal akibat iritasi.

YesDok Ads

Jaga kelembapan ruangan

Udara yang kering dan kotor bisa menyebabkan tenggorokan terasa lebih kering dan memperparah peradangan pada pita suara. Untuk itu menjaga ruangan tetap lembap juga bisa menjadi salah satu cara mengembalikan suara yang hilang dengan cepat.

Udara yang lembap bisa mempercepat pemulihan dari kondisi suara yang hilang, karena udara yang dihirup akan masuk ke dalam tenggorokan dan memengaruhi kotak suara. Menjaga udara tetap lembap bisa dilakukan dengan memanfaatkan humidifier, tapi jika Anda tidak memilikinya, maka menghirup uap panas dari rebusan air juga bisa dilakukan.

Istirahatkan suara

Satu hal paling penting dalam cara-cara mengembalikan suara yang hilang adalah, istirahatkan suara Anda. Penggunaan suara yang berlebihan akan memperlambat proses penyembuhan.

Cobalah untuk berhenti atau mengurangi frekuensi berbicara untuk sementara waktu, selama suara Anda masih hilang. Tak perlu berbisik-bisik, karena ini justru akan membuat pita suara bekerja lebih keras, dan membuat Anda harus mengalami kondisi suara hilang lebih lama.

Berkumur air garam

Cara mengembalikan suara yang hilang selanjutnya adalah dengan berkumur air garam. Ini bisa membantu mengatasi kotak suara atau pita suara yang teriritasi atau meradang, sehingga mengembalikan suara Anda yang hilang.

(Foto: asiaone.com)

YesDok Ads