0 Point
Kulit tangan kering

5 Cara Mengatasi Kulit Tangan yang Kering

Banyak hal bisa menyebabkan kulit tangan seseorang menjadi lebih kering. Mulai dari cuaca yang terlalu dingin dan kering, paparan bahan kimia berulang kali, terlalu sering mencuci tangan, mencuci piring, hingga kondisi kesehatan tertentu, bisa menyebabkan kulit tangan menjadi lebih kering.

Meski umumnya kulit tangan yang kering bukan kondisi yang serius, namun mengalaminya bisa membuat Anda merasa kurang nyaman. Ini juga bisa memengaruhi penampilan Anda, Anda mungkin juga akan malu untuk berjabat tangan dengan orang lain, karena kulit tangan yang kering cenderung lebih kasar.

Lalu adakah cara mengatasinya? Berikut ini merupakan beberapa perawatan sederhana untuk mengatasi kulit tangan yang kering:

Gunakan pelembap

Berbagai produk pelembap kulit sudah tersedia dan dapat digunakan untuk mengatasi kulit tangan yang kering. Gunakanlah pelembap kulit setiap kali Anda selesai mencuci tangan atau mencuci piring. Anda juga mungkin akan lebih membutuhkan krim pelembap kulit ini ketika cuaca sedang dingin, untuk menjaga kelembapan di tangan Anda. Perawatan dengan minyak seperti minyak kelapa, juga bisa membantu.

Lindungi kulit

Sinar matahari dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan luka bakar. Untuk itu ketika hendak keluar ruangan, cobalah untuk melindungi kulit, terutama tangan, dari paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Melindungi kulit dan tangan dengan tabir surya, dapat membantu mencegah sinar matahari membakar kulit.

Oleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat diandalkan untuk melembapkan kulit. Sifat antibiotik dan anti-inflamasi dalam gel lidah buaya, membuatnya sangat baik untuk kulit. Selain itu, penggunaan gel lidah buaya sebagai pelembap juga aman untuk kulit.

Gunakan sarung tangan

Jika Anda memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan air, misalnya sering mencuci piring, maka mungkin Anda membutuhkan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari kekeringan. Kontak antara kulit dan air yang terlalu lama, dapat membuat tangan menjadi lebih kering, karena ini akan menyingkirkan minyak alami dari kulit. Sarung tangan memberikan lapisan perlindungan untuk membantu mencegah tangan mengering.

Kelola stres

Bagi penderita eksim, stres merupakan pemicu utama kondisi eksim untuk kambuh. Mengurangi stres dapat membantu mencegah eksim dan masalah kulit kering termasuk di tangan dan area tubuh lainnya.

(Foto: blog.medisys.ca)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok