5 Cara Alami Meredakan Gejala Flu

November 23, 2021 | Helmi

flu

Selain minum obat, ada beberapa cara untuk membantu meredakan gejala flu seperti batuk, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat.

Berikut adalah 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda meredakan gejala flu dan membuat Anda merasa lebih baik.

Minum banyak cairan

Ketika saluran udara Anda terhadang oleh pilek, mereka menghasilkan lebih banyak lendir, yang bisa menjadi kental dan sulit untuk keluar.

"Menjaga diri agar terus terhidrasi dengan baik membantu mencegah pengeringan dan penebalan lendir," kata Norman Edelman, MD, profesor kedokteran dan kesehatan masyarakat di Stony Brook University.

Saat Anda flu, cobalah untuk rutin minum sekitar delapan gelas air per hari untuk membantu Anda tetap terhidrasi.

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, yang dapat membuat tubuh Anda lebih sulit melawan infeksi. Cobalah untuk tidur antara tujuh hingga sembilan jam per malam.

Jika Anda pengap, dan sulit tidur, berbaring telentang dengan kepala disangga dengan bantal tambahan mungkin membantu. Ini juga dapat membantu mengalirkan lendir dari sinus saat Anda tidur.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam per malam hampir tiga kali lebih mungkin sakit setelah peneliti memaparkan mereka pada virus flu, dibandingkan dengan orang yang tidur lebih dari delapan jam.

YesDok Ads

Berkumur air garam

Jika tenggorokan Anda bengkak dan sakit, Anda bisa mencoba berkumur dengan air garam untuk meredakan rasa sakitnya.

"Air garam mengeluarkan air dari tenggorokan yang meradang, mengurangi tekanan di lapisan dan dengan demikian mengurangi rasa sakit," kata Edelman.

Minum obat pereda nyeri

Pilek yang dipicu oleh flu juga sering menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda sangat sesak. Mengkonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dapat membantu meringankan rasa sakit.

Jika Anda mengalami demam, sebaiknya konsumsi asetaminofen, yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan penurun demam.

Konsumsi sesendok madu

Kerongkongan Anda mungkin teriritasi saat Anda pilek. Iritasi ini dapat memicu refleks yang merangsang otot-otot di saluran napas Anda untuk membuat Anda batuk, kata Edelman.

Konsumsi sesendok madu atau minum air lemon hangat yang dicampur dengan madu dapat membantu menenangkan iritasi ini dan menenangkan batuk.

YesDok Ads