5 Cara Alami Mengatasi Gejala Kecemasan

February 16, 2023 | Helmi

mengatasi gejala kecemasan

Kecemasan adalah bagian dari kehidupan. Kita semua pasti pernah merasakannya. Tetapi bagi sebagian orang, kecemasan bisa terjadi sangat hebat dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ketika kecemasan itu datang, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk membantu menenangkan emosi Anda. Jika Anda sering merasa cemas dan sepertinya tidak ada yang membantu, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Gejala Kecemasan

Berikut ini kami telah merangkum dari WebMD mengenai cara alami untuk mengatasi gejala kecemasan:

Berolahraga

Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, jalan kaki selama 10 menit sudah dapat memberikan manfaat. Berolahraga terbukti dapat membantu meredakan kecemasa.

Jika Anda berolahraga secara teratur - setidaknya 3 kali seminggu - kemungkinan besar Anda tidak akan merasa cemas.

YesDok Ads

Beraktivitas di Luar Ruangan

Saat Anda merasa cemas, cobalah beraktivitas di luar ruangan. Anda akan meningkatkan suasana hati Anda, dan itu dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, ketegangan otot, dan hormon stres, yang semuanya meningkat saat Anda cemas.

Berkebun

Berkebun membuat otak Anda melepaskan bahan kimia penambah suasana hati yang dapat membantu menenangkan kecemasan Anda. Plus, Anda akan berolahraga dan menghabiskan waktu di luar ruangan, yang keduanya juga baik untuk Anda.

Seks

Untuk Anda ketahui bahwa seks dapat menurunkan respons stres tubuh Anda. Dan kehidupan seks yang sehat, terutama dengan pasangan yang berkomitmen, dapat membantu membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat, dan itu juga dapat membantu menghilangkan kecemasan.

Meditasi

Ini adalah salah satu cara yang dianggap banyak orang efektif untuk meredakan stres. Meditasi membantu Anda fokus pada napas dan menjaga pikiran Anda bebas dari stres.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads