5 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dengan Cepat

February 04, 2023 | Aqiyu

Mengatasi Bibir Kering

Siapa bilang menjaga kesehatan bibir itu tidak perlu. Siapa nih yang suka mengalami bibir kering? Memiliki bibir yang kering terkadang membuat seseorang tidak percaya diri. Bibir kering juga jangan disepelekan karena bisa menjadi indikasi masalah kesehatan lainnya. Yuk, cari tahu cara alami mengatasi bibir kering dalam waktu yang singkat.

Bagian kulit bibir memang mudah kering dibandingkan kulit tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan kulit tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembabkan. Sehingga bibir kering bisa disebabkan oleh kekurangan cairan, banyak minum alkohol, mengonsumsi obat-obatan tertentu hingga saat seseorang sakit. Penyebab lainnya bibir menjadi kering adalah paparan sinar matahari, kurangnya asupan vitamin B, hingga akibat menggunakan pelembab bibir yang mengandung perasa. Berikut ini cara alami mengatasi bibir kering dengan cepat:

Hindari mengelupas bibir

Saat bibir kering dan mengelupas, sebaiknya hindari menarik-narik kulit yang mengelupas. Karena bisa membuat bibir berdarah dan menjadi lebih kering. Hindari juga kebiasaan buruk seperti menjilati bibir atau membasahi bibir dengan air liur.

Memperbanyak minum air putih

Saat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan maka dampaknya bisa membuat bibir menjadi kering. Anda disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Dengan cara tersebut maka dapat menghindarkan dari kulit bibir yang kering dan pecah-pecah.

Menggunakan pelembab yang aman

Hindari penggunaan pelembab bibir yang mengandung perasa. Pilihlah pelembab bibir yang tanpa pewangi juga untuk mencegah area kulit bibir mengering. Pelembab yang aman untuk mencegah kekeringan pada bibir yang mengandung petroleum, cocoa butter dan minyak zaitun.

YesDok Ads

Menggunakan scrub 

Kulit kering pada bibir bisa dikarenakan adanya kulit mati yang menumpuk. Sehingga membuat kulit bibir menjadi kering dan kusam. Untuk mengangkat sel kulit mati Anda bisa melakukan scrub agar bibir terlihat lebih cerah.

Mengonsumsi makanan dengan vitamin B

Seperti disebutkan sebelumnya, bibir kering bisa diakibatkan kurangnya asupan vitamin B pada tubuh. Untuk itu, cara mengatasi bibir kering dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B. Adapun makanan tersebut adalah nasi merah, ikan, sayuran hijau, tempe, tahu, telur dan daging.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: everyday health)

YesDok Ads