5 Bahaya Menghirup Bau Cat, Jangan Disepelekan!

October 17, 2022 | Claudia

Bahaya Menghirup Bau Cat

Aroma cat baru yang menyengat, sering kali tidak nyaman saat terhirup oleh hidung kita. Bahaya menghirup bau cat perlu diperhatikan, sebab, terdapat banyak kandungan berbahaya di balik bau cat baru di dinding.

Volatile organic compound (VOC), merupakan zat berbahaya yang terkandung dalam cat dinding. Ini merupakan komponen yang sangat mudah menguap pada temperatur suhu tertentu, dan saat masuk ke dalam tubuh, dapat menjadi racun yang menyebabkan penyakit.

Untuk itu, jika Anda berada dalam ruangan dengan dinding atau meja, atau hal lain yang baru dicat, sebaiknya Anda berpindah dulu ke tempat lain, daripada terus berada dalam tempat tersebut dan terus-menerus menghirup bau cat yang tidak hanya membuat tidak nyaman, namun juga berbahaya untuk kesehatan.

Ada beberapa bahaya menghirup bau cat yang perlu Anda perhatikan. Seperti:

Mengganggu penapasan

Bahaya menghirup bau cat, bisa menyebabkan gangguan pernapasan. VOC hamper terkandung dalam cat, agar cat lebih mudah kering saat diaplikasikan ke dinding atau ke permukaan benda lainnya. Meski berguna, VOC bisa menghasilkan bau cat yang menyengat, dan mengganggu pernapasan.

Saat cat mulai mengering, VOC akan menguap ke udara, dan jika terhirup, ini bisa mengganggu pernapasan Anda. Kondisi ini bisa lebih parah apabila VOC dihirup oleh seseorang dengan riwayat penyakit gangguan pernapasan.

Menyebabkan iritasi kulit

Selain mengganggu pernapasan, bahaya VOC lainnya adalah dapat menyebabkan iritasi kulit. Bagi pemilik kulit sensitif atau memiliki alergi terhadap bahan kimia yang terkandung dalam cat, maka iritasi dan sejumlah reaksi alergi akan muncul, jika menghirup bau cat dalam waktu lama.

Kondisi iritasi kulit bisa lebih parah, jika cat secara langsung mengenai kulit. Ini karena senyawa yang terkandung dalam cat dapat diserap langsung oleh kulit, sehingga menyebabkan iritasi dan sejumlah reaksi alergi lainnya, seperti gatal-gatal, kulit panas, muncul ruam kulit, dan lain-lain.

YesDok Ads

Mata perih

Bahaya menghirup bau cat selanjutnya adalah, ini bisa membuat mata Anda terasa perih. Lagi-lagi komponen VOC yang menjadi biang kerok masalah ini. Mata yang terpapar partikel VOC bisa terasa perih, dan menyebabkan mata terus mengeluarkan air.

Jika Anda hendak mengecat dinding atau kayu, maka gunakanlah kacamata pelindung, agar mata Anda tidak terpapar langsung dengan komponen VOC yang bisa menyebabkan iritasi mata.

Kepala pusing

Tak hanya membuat mata perih, bahaya menghirup bau cat juga bisa menyebabkan seseorang menjadi pusing. Ini terjadi ketika komponen VOC yang tersebar di udara terhirup, dan membuat kadar oksigen yang seharusnya kita hirup menjadi berkurang. Rendahnya suplai oksigen ke otak, akan membuat kepala menjadi pusing.

Kerusakan saraf

Partikel kimia yang terkandung dalam cat, bisa menyebabkan kerusakan saraf. Pigmen merupakan zat kimia yang bisa menyebabkan kerusakan saraf. Pigmen digunakan untuk memberikan warna pada cat.

Jika zat pigmen ini terhirup atau mengenai kulit, maka ini bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat.

(Foto: Getty Images/aydinmutlu)

YesDok Ads