5 Bagian Kulit yang juga Harus Dirawat

November 29, 2019 | Claudia

Mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dari tubuh adalah salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit kita. Akan tetapi, biasanya orang hanya melakukan hal ini di wajah mereka saja. Banyak yang lupa bahwa bagian tubuh lainnya juga membutuhkan perawatan kulit termasuk menyingkirkan sel kulit mati.

Mengeksfoliasi sel kulit mati dapat membantu Anda memiliki kulit yang halus dan bercahaya. Sel-sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk dan menyumbat pori, lama-kelamaan bisa menjadi akar penyebab dari banyak masalah, salah satunya jerawat.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, maka Anda juga perlu untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati pada bagian-bagian tubuh ini:

1. Siku

Coba perhatikan area siku Anda, apakah lebih gelap dari bagian kulit lainnya? Jika ya, ini merupakan suatu bukti jelas, bahwa siku Anda kurang mendapatkan perawatan. Siku Anda juga butuh untuk dieksfoliasi, agar tidak menghitam dan merusak penampilan Anda.

Siku yang gelap umumnya disebabkan oleh akumulasi sel kulit mati. Gunakanlah scrub badan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati di area siku. Setelah menggosoknya dengan scrub, Anda juga bisa menggosoknya dengan lemon untuk mengembalikan kecerahan pada kulit siku.

2. Leher

Sungguh suatu hal yang ironi, jika Anda rutin merawat wajah Anda namun melupakan bagian leher. Banyak orang memiliki warna kulit bagian leher yang berbeda dengan kulit wajahnya. Kondisi "belang" ini bisa mengganggu penampilan Anda secara keseluruhan. OLeh karena itu, melakukan perawatan pada kulit leher juga harus menjadi suatu kebiasaan yang rutin Anda lakukan.

Akumulasi sel kulit mati, paparan polusi, dan lain-lain, menyebabkan kulit leher Anda menjadi lebih gelap. Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di leher, Anda harus rutin mengeksfoliasinya dengan bantuan scrub badan. Ambil scrub secukupnya di tangan Anda, dan gosokkan ke kulit leher hingga sel-sel kulit mati terangkat.

3. Punggung

YesDok Ads

Memiliki punggung yang mulus tanpa jerawat merupakan keinginan dari banyak orang. Sayangnya, karena susah terjangkau oleh tangan, punggung kita juga kerap luput dari perawatan. Pada akhirnya, punggung kita kerap dihinggapi banyak masalah seperti jerawat, akibat akumulasi sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan.

Untuk menyingkirkan masalah ini, gosok punggung Anda dengan bantuan scrub. Jika hal ini sulit dilakukan, Anda bisa meminta bantuan dari orang lain atau melakukan perawatan di salon.

4. Tumit

Tumit kita juga kerap terlewat untuk dibersihkan. Padahal, tumit rentan mengalami masalah, mulai dari tumit menghitam, kulit tumit yang kasar, hingga kulit tumit yang pecah-pecah. Mengeksfoliasi kulit tumit sangat penting untuk membuatnya tetap halus dan lembut.

Saat mandi, rendam kaki Anda dalam air selama beberapa menit dan kemudian gosok tumit Anda dengan lembut menggunakan scrub atau foot srubber. Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi kulit tumit yang kerap kering dan pecah-pecah.

5. Ketiak

Membersihkan ketiak merupakan satu hal yang penting, karena ketiak yang jarang dibersihkan bisa menimbulkan banyak masalah. Dari mulai ketiak berbau tak sedap, hingga ketiak yang menggelap, semua bisa terjadi jika Anda malas membersihkan ketiak.

Mengeksfoliasi kulit ketiak merupakan satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Mengeksfoliasi kulit ketiak tak hanya membantu mencegah penumpukan sel kulit mati tetapi juga mencegah penumpukan bakteri yang bisa menyebabkan bau ketiak. Pilihlah selalu scrub yang juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, sehingga kulit Anda bisa sehat dan cerah secara bersamaan.

(Foto: sodelicious.recipes)

YesDok Ads