0 Point
Asupan Terbaik untuk Penderita Tipes

5 Asupan Terbaik untuk Penderita Tipes

Tipes adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Untuk itu, makanan untuk penderita tipes tidak boleh sembarangan agar tidak memperburuk kondisi dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Apa itu penyakit tipes?

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini menyerang saluran pencernaan melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. 

Data terbaru dalam jurnal StatPearls menyatakan bahwa tipes berkaitan dengan lingkungan atau sumber air dengan sanitasi yang buruk. Ini biasanya terjadi pada negara berpenghasilan rendah dan menengah dengan kepadatan penduduk tinggi.

Gejala tipes meliputi demam, sakit kepala, kelelahan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, diare, sakit perut, mual, nyeri pada tubuh hingga menggigil.

Mengingat demam tifoid menyerang saluran pencernaan, Anda mungkin bertanya-tanya, penyakit tipes harus makan apa? Umumnya, memilih makanan yang padat nutrisi dan mudah dicerna dapat membantu memberikan energi tahan lama dan meredakan masalah pencernaan. 

Berikut ini beberapa pola dan jenis makanan untuk tipes yang dianjurkan oleh dokter:

1. Makanan hambar dan lunak

Makanan yang hambar dan lunak lebih dianjurkan untuk penderita demam tifoid. Makanan jenis ini lebih bersifat menenangkan, mudah dicerna, dan mengurangi ketidaknyamanan pada lambung. Pada beberapa kondisi tipes yang lebih parah, dokter mungkin akan menganjurkan diet progresif atau bertahap dari makanan cair ke makanan normal.

2. Makanan yang kaya nutrisi dan tinggi kalori

Meski hambar dan lunak, makanan untuk tipes harus kaya nutrisi dan dapat memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuh. Selama demam, tingkat metabolisme basal tubuh meningkat 10%. Artinya, akan lebih banyak jaringan yang dipecah menjadi energi. Untuk itu, Anda membutuhkan makanan bernutrisi  dan berkalori tinggi, terutama karbohidrat dan protein.

3. Makan dalam porsi kecil dan sering

Selain jenis, pola makan untuk penderita tipes juga harus diperhatikan, yakni dengan porsi kecil dan lebih sering. Ini bertujuan memperlancar pencernaan dan pemanfaatan nutrisi lebih maksimal oleh tubuh, serta mempertahankan energi dan stamina.

4. Minum lebih banyak air

Tipes boleh minum apa? Minuman untuk penderita tipes adalah minuman atau air putih yang bersih dan matang. Ini untuk menghindari kontaminasi bakteri yang bisa memperburuk kondisi demam tifoid. Anda juga bisa memilih air mineral kemasan yang sudah teruji kebersihan dan keamanannya. Hindari minum dengan es batu yang terbuat dari air yang tidak jelas sumber dan  kebersihannya.

5. Buah untuk tipes

Buah apa yang bagus untuk sakit tipes? Buah untuk orang tipes yang dianjurkan adalah buah tanpa biji dan tidak berserat tinggi. Beberapa rekomendasi buah untuk penderita tipes antara lain pisang yang sudah matang, melon, semangka, anggur, persik, dan aprikot.

(Foto: medical News today)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok