0 Point
edamame

5 Alternatif Sumber Protein Selain Daging

Selama ini kita beranggapan bahwa untuk memenuhi protein hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging. Namun ternyata, protein juga dapat ditemukan dalam makanan berjenis nabati.

Meskipun Anda bisa mendapatkan lebih dari 20 gram protein dari masing-masing daging ayam dan steak, alternatif makanan nabati ternyata juga memberikan jumlah yang hampir sama.

Berikut ini adalah pilihan makanan-makanan nabati yang menawarkan jumlah protein sebanyak daging:

Kacang Lentil

Kacang lentil merupakan pilihan makanan yang menawarkan banyak manfaat. Makanan ini tersedia dalam bentuk kering atau kaleng. Setiap gigitan memberi Anda beragam nutrisi termasuk protein, zat besi, kalsium dan serat, selain polifenol yang menyehatkan jantung.

Satu cangkir lenti misalnya, menawarkan protein untuk tubuh sekitar 18 gram protein per porsinya. Cukup banyak bukan?

Kacang hitam

Kacang hitam tentu mengandung karbohidrat tinggi (40 gram), tetapi karbohidrat ini terbentuk secara alami dan tidak dimurnikan seperti yang ditemukan pada roti dan kue kering. Selain protein, bagian dari sumber karbohidrat mereka adalah serat, khususnya serat larut yang dapat menurunkan kolesterol LDL.

Selain protein dan serat, kacang hitam juga kaya akan nutrisi lain, termasuk 46 miligram kalsium dan antioksidan seperti fitokimia nabati, yang dicatat Cochrane untuk membantu mengurangi risiko kanker.

Buncis

Buncis mengandung protein dalam jumlah tinggi, sekitar 15 gram per porsi atau satu cangkir. Buncis bisa disajikan dengan cara dimasak secara tumisan atau dalam bentuk rebusan.

Edamame

Kacang-kacangan asal Jepang satu ini juga menawarkan asupan protein yang cukup tinggi. Edamame memiliki kandungan sekitar 19 gram protein per porsinya. Tidak hanya sarat dengan protein, tetapi juga sumber serat, folat, dan kalium yang baik.

Tahu

Makanan kaya nutrisi dan bisa dimasak dalam berbagai olahan. Tahu mengandung protein yang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan sekitar 20 gram protein dari sajian per cangkirnya.

(Foto: Freepik)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok