5 Alasan Perut Sakit Setelah Makan

April 05, 2022 | Iman

Sakit perut

Dalam kebanyakan kasus, perut bisa keroncongan ketika seseorang sangat lapar. Sakit perut ini normal dan hilang setelah makan.

Namun bagi sebagian orang, justru sebaliknya. Perut mereka mulai sakit setelah makan. Kondisi ini menjadi masalah ketika menjadi hal biasa sehari-hari.

Sakit perut yang parah dan sering dapat menjadi indikasi masalah kesehatan yang mendasarinya dan mungkin memerlukan perhatian medis segera. Berikut adalah lima alasan perut yang muncul setelah makan.

1. Terlalu banyak makan

Alasan paling umum untuk sakit perut setelah makan adalah makan berlebihan. Ketika Anda makan terlalu banyak, perut Anda mungkin mulai sakit. Kondisi ini karena rata-rata perut hanya bisa menampung sekitar 1 atau 2 cangkir makanan ketika makan lebih dari itu mengembang untuk memberi ruang bagi makanan ekstra.

2. Makan terlalu cepat

Alasan umum lainnya untuk sakit perut adalah makan terlalu cepat. Saat menelan makanan terlalu cepat, seseorang menelan udara ekstra bersama makanan. Ketika makanan ekstra mencapai perut Anda, itu menyebabkan kembung dan gas.

Kondisi tersebut lebih lanjut membuat perut Anda terlihat besar dan juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Kebiasaan ini juga dapat menghalangi tubuh untuk menyerap nutrisi.

YesDok Ads

3. Gangguan pencernaan

Kelebihan asupan kopi, alkohol, makanan pedas dan asam, dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Itu berarti makanan ini dapat mempersulit tubuh Anda untuk mencerna makanan dan mengubahnya menjadi glukosa. Akibatnya, Anda mungkin merasa kembung dan mual. Beberapa orang bahkan mungkin menderita masalah gangguan pencernaan karena beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti sindrom nyeri epigastrium (EPS) dan sindrom tekanan pasca-prandial (PDS).

4. Batu empedu

Batu empedu mengacu pada endapan kecil, keras, seperti kristal yang terbentuk di kantong empedu atau saluran. Kristal mungkin mulai menumpuk karena terlalu banyak kolesterol dalam empedu, fungsi kandung empedu yang tidak normal, atau karena penyebab lain. Batu empedu ini dapat menyebabkan rasa sakit setelah makan, terutama jika makanan Anda tinggi lemak. Nyeri kandung empedu juga dapat menyebabkan peradangan dan mungkin memerlukan perhatian medis segera.

 5. Alergi makanan

Kram perut, diare, dan muntah juga merupakan tanda-tanda intoleransi makanan. Intoleransi makanan adalah kondisi kesehatan di mana tubuh tidak mampu mencerna bahan-bahan tertentu dari makanan. Jadi, ketika makanan tersebut dikonsumsi, tubuh memicu reaksi, yang menyebabkan berbagai masalah terkait perut. Ini adalah kondisi medis yang serius dan membutuhkan perhatian medis yang tepat.

(Foto: webmd)

YesDok Ads