5 Alasan Pepaya Dijuluki Buah Berjuta Manfaat

January 17, 2022 | Aqiyu

buah pepaya

Pepaya bukanlah buah yang asing di Indonesia. Buah berwarna orange ini sangat mudah ditemukan dimana saja dan enak dinikmati dalam suasana apapun. Untuk manfaatnya, buah pepaya tidak perlu diragukan lagi. Karena kandungan pada pepaya membuat buah ini menyimpan berjuta khasiat.

Satu buah pepaya berukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat, 5 gram serat, dan 2 gram protein. Selain itu, buah pepaya juga mengandung folat, vitamin A, megnesium, tembaga, asam pantotenat, vitamin B, beta karoten, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin C dan vitamin K. Melihat kandungan yang melimpah ini, satu buah pepaya dapat memberikan 224% dari kebutuhan harian. Adapaun manfaat buah pepaya yang tidak bleh dilewatkan sebagai berikut:

Baik untuk kesehatan mata

Buah pepaya kaya akan vitamin A dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Rutin mengonsumsi pepaya juga dapat mencegah penglihatan Anda memburuk dan menjaga penglihatan Anda tetap baik.

Membantu melancarkan pencernaan

Pepaya mengandung banyak air dan serat. Jadi, akan mengejutkan bila buah pepaya tidak membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, buah pepaya juga mengandung banyak enzim yang membantu memecah makanan dan melindungi jaringan yang melapisi saluran pencernaan.

Meningkatkan imunitas

YesDok Ads

Pepaya kaya akan nutrisi dan vitamin C. Vitamin C merupakan kontributor utama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, buah pepaya dapat membantu tubuh melawan semua jenis infeksi dan penyakit.

Membantu menurunkan berat badan

Pepaya sangat rendah kalori dan serat sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Buat Anda yang sedang diet buah ini cocok untuk dikonsumsi. Serat alami pada pepaya juga mampu mendetokfikasi tubuh, jadi dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Menyehatkan ginjal

Kalium adalah pendukung yang sangat berpengaruh pada kesehatan ginjal. Kalium juga dapat membersihkan racun yang disimpan di ginjal dan mengurangi akumulasi asam urat dalam darah. Selain daging buahnya, biji pepaya berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal, membantu menjaga sel dari degenerasi dan mencegah ginjal dari kerusakan.

(Foto: healthline)

YesDok Ads