5 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Peregangan Sebelum Olahraga

May 23, 2022 | Iman

Peregangan

Peregangan adalah salah satu bentuk latihan yang paling umum. Gerakan ini dapat merilekskan tubuh mulai dari tulang, otot, dan pikiran. 

Namun, tahukah Anda, meskipun gerakannya cukup simpel, jenis latihan ini punya banyak manfaat terutama jika Anda melakukannya sebelum berolahraga.

Berikut adalah manfaat dari peregangan.

1. Memperbaiki postur tubuh

Postur yang baik dapat memfasilitasi tubuh dengan sehat dan bugar. Latihan peregangan dapat membantu Anda memperbaiki postur dan mengurangi beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan postur seperti membungkuk hingga sakit punggung.

2. Meningkatkan fleksibilitas

Jika tubub Anda mulai membungkuk dan sering mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan, maka sudah waktunya untuk Anda memilih beberapa latihan peregangan.

YesDok Ads

3. Mengurangi risiko cedera

Peregangan bisa disebut juga sebgai bentuk latihan pemanasan, melakukannya sebelum berolahraga dapat membantu mengurangi risiko cedera selama atau setelah berolahraga.

4. Mengoptimalkan olahraga

Saat memulai olahraga, Anda tentu pernah mengalami kesulitan dalam melakukan latihan yang intens. Jika hal tersebut terjadi, maka peregangan dapat membantu menyelesaikan masalah karena peregangan bisa sangat membantu dalam mengoptimalkan manfaat dari olahraga.

5. Meningkatkan kesehatan otot dan tulang

Peregangan diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah, postur, koordinasi, dan keseimbangan dalam tubuh. Selain itu, latihan ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otot dan tulang secara signifikan.

(Foto: timesnownews)

YesDok Ads