4 Tips Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli

May 02, 2022 | Iman

Kolesterol

Kolesterol adalah elemen rumit dari tubuh kita. Meskipun merupakan elemen penting dan sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, kolesterol menciptakan gangguan ketika melebihi tingkat normalnya.

Kolesterol tinggi adalah kondisi yang mengkhawatirkan banyak orang terlebih ancaman menu masakan lebaran nantinya. Para ahli kesehatan mengatakan peningkatan kadar kolesterol dapat mempengaruhi fungsi normal tubuh dan dapat memiliki konsekuensi mematikan seperti serangan jantung.

Kolesterol tinggi merupakan ancaman tidak hanya ketika melebihi kuantitasnya, tetapi juga ketika individu yang bersangkutan tidak memiliki pengetahuan yang benar tentangnya. Berikut adalah beberapa cara yang direkomendasikan ahli untuk menangani kolesterol tinggi.

1. Makan sehat

Jangan kompromi dengan diet harian Anda. Makanan sehat sangat penting untuk mengontrol kadar kolesterol. Seorang pemakan yang sehat harus menghindari junk food dan daging olahan serta harus selalu memilih makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain minyak, seseorang juga harus menahan diri dari makan karbohidrat olahan, karena ini mengganggu kadar gula darah dan menyesatkan tubuh sehingga menyebabkan obesitas.

2. Aktivitas fisik

Jangan berasumsi bahwa aktivitas fisik harus dihentikan setelah usia tertentu. Sebenarnya para ahli kesehatan telah mengatakan bahwa semakin Anda bertambah tua, semakin banyak jam yang harus Anda luangkan untuk latihan fisik.

YesDok Ads

Jika Anda adalah seseorang yang tidak suka pergi ke gym, Anda dapat melakukan olahraga ringan tanpa peralatan seperti jogging, berlari, berjalan kaki, atau bahkan bersepeda.

3. Latihan beban

Sebuah studi penelitian pada 90 pria berusia antara 18 dan 30 tahun mengungkapkan bahwa high-density lipoprotein pada pria yang latihan beban secara teratur berperilaku lebih sehat daripada high density lipoprotein (HDL) pada pria yang tidak banyak bergerak. Studi ini menemukan bahwa pria yang tidak berolahraga lebih mungkin daripada mereka yang berlatih beban untuk memiliki disfungsional HDL yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Meskipun HDL atau kolesterol baik, jumlah yang lebih tinggi tidak baik untuk tubuh. Studi tersebut menemukan bahwa latihan beban secara teratur dapat meningkatkan fungsi HDL melindungi terhadap penyakit jantung, bahkan pada mereka yang tetap kelebihan berat badan.

4. Berhenti merokok

Merokok memang berdampak langsung pada paru-paru, namun efeknya pada jantung tidak bisa dikesampingkan. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat secara signifikan lebih tinggi di antara orang-orang yang merokok dan mengonsumsi lima cangkir kopi atau lebih per hari daripada di antara bukan perokok yang tidak minum kopi. Sebaliknya, HDL pada orang yang tidak merokok atau minum kopi dibandingkan pada perokok yang mengonsumsi kopi.

(Foto: timesofindia)

YesDok Ads