4 Tips Cegah Bau Mulut saat Berpuasa

April 27, 2020 | Claudia

Bau mulut

Saat ini di seluruh dunia, umat Muslim tengah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Meski bulan Ramadan kali ini berbeda karena harus dijalani di tengah-tengah pandemi Covid-19, namun semangat berpuasa untuk mengejar kebaikan tak mudah surut.

Berpuasa mengharuskan umat Muslim untuk tidak makan dan minum mulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Ini menjadi tantangan berat, belum lagi banyak masalah yang kerap menyertai seperti bau mulut.

Kurang makan dan minum, memang dapat berdampak pada kesehatan mulut seseorang. Bau tidak sedap dari napas merupakan masalah umum yang muncul saat berpuasa, dan sayangnya, ini bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Agar bau mulut tak mengganggu ketenangan berpuasa Anda, berikut kami sajikan tips efektif cegah bau mulut selama berpuasa, apa saja?

1. Minum banyak air saat sahur

Minumlah setidaknya 2-3 gelas air saat sahur. Ini dapat sangat membantu mencegah mulut menjadi lebih kering, pasalnya, mulut yang kering merupakan cikal bakal masalah bau mulut. Selain itu, minum banyak air saat sahur juga memastikan tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Jangan lupa untuk penuhi lagi kebutuhan cairan Anda saat waktu berbuka sudah tiba.

2. Sikat gigi setiap selesai makan

YesDok Ads

Sikat gigi setelah makan merupakan cara sederhana namun paling efektif untuk mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut. Usai makan, banyak sisa-sisa makanan yang tanpa disadari masih menempel dan terselip di gigi. Saat sisa-sisa makanan ini bersentuhan dengan bakteri, maka yang terjadi selanjutnya adalah timbul bau tak sedap. Untuk itu, sangat penting untuk menyikat gigi Anda setelah menghabiskan makan sahur dan sebelum tidur malam

3. Gunakan obat kumur antibakteri

Puasa dapat mengurangi jumlah air liur di mulut, dan inilah yang menjadi penyebab mulut kering sehingga menimbulkan bau mulut. Belum lagi kehadiran bakteri-bakteri penyebab bau mulut, jika Anda tak menjaga kebersihan mulut dengan benar, maka masalah bau mulut selama berpuasa sudah pasti tak terelakkan. Selain menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur antibakteri juga sangat baik dalam membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut.

4. Bersihkan lidah dua kali sehari

Trik yang efektif ini dapat membantu Anda mengatasi masalah bau mulut. Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan plak di mulut sehingga mencegah timbulnya bau mulut.

(Freepik/jcomp)

YesDok Ads