Diet
+1

4 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Mata

April 02, 2021 | Claudia

Wortel

Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting. Coba bayangkan saja jika kesehatan mata Anda terganggu, mungkin Anda juga akan mengalami kesulitan dalam beraktivitas.

Saat ini, kita kerap melihat anak-anak kecil yang sudah menggunakan kacamata akibat perubahan gaya hidup yang drastis, seperti terlalu sering main gawai, yang dapat memengaruhi penglihatan. Selain itu, asupan nutrisi yang tidak terjaga dengan baik juga membuat anak-anak rentan mengalami penglihatan yang buruk.

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang sangat penting, untuk menjaga kesehatan mata, bukan hanya untuk anak, melainkan untuk semua orang di berbagai tingkat usia. Oleh karena itu, berikut kami rekomendasikan makanan terbaik untuk kesehatan mata Anda:

Ikan

Ikan seperti salmon, tuna, mackerel, sarden, dan lain-lain, kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda, terutama kesehatan retina. Lemak sehat ini dapat mencegah glaukoma dan sindrom mata kering. Penglihatan juga dapat membaik jika Anda rutin mengonsumsi ikan-ikan ini.

Telur

YesDok Ads

Telur juga baik untuk kesehatan mata, berkat kandungan zinc, zeaxanthin, lutein, dan vitamin A yang terkandung di kuning telur. Ini melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya yang berasal dari layar gawai. Sementara itu, kandungan vitamin A dalam telur juga membantu melindungi kornea, dan kandungan lutein dan zeaxanthin membantu menurunkan risiko katarak. Sementara zinc atau eng, berkontribusi pada kesehatan retina.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi, dan kangkung, kaya akan vitamin C dan vitamin E. Sayuran ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang membantu menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Wortel

Sudah dikenal sejak lama, bahwa wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Wortel merupakan sumber vitamin A dan beta-karoten yang baik. Vitamin A merupakan komponen protein yang disebut rhodopsin, yang membantu retina dalam menyerap cahaya. Vitamin ini bisa mencegah berbagai infeksi mata dan kondisi serius lain yang terkait mata.

YesDok Ads