4 Pilihan Olahraga untuk Atasi Obesitas

September 12, 2019 | Claudia

Obesitas merupakan salah satu ancaman terbesar yang tidak boleh dibiarkan. Obesitas bisa terjadi akibat seseorang melakukan gaya hidup tidak sehat setiap harinya.

Obesitas merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kelebihan berat badan dan memiliki indeks massa tubuh pada angka 30 atau bahkan lebih tinggi. Jika ukuran pinggang Anda sudah lebih dari 40 inci untuk pria, atau 35 inci untuk wanita, maka ini bisa mengartikan adanya peningkatan risiko kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Banyak orang masih abai dengan kesehatan tubuh mereka, dan hanya peduli dengan kenikmatan makanan yang mereka santap tanpa memikirkan ada atau tidaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Inilah mengapa, tanpa sadar kita sering mengonsumsi kalori berlebih, dan jika ini terjadi setiap hari, bayangkan bahaya apa yang bisa mengintai Anda?

Belum lagi kecenderungan malas bergerak apalagi berolahraga yang juga sering dialami oleh banyak orang. Minat dan kesadaran akan pentingnya olahraga yang rendah, bisa membuat penumpukan kalori dan lemak di tubuh yang kemudian berujung pada obesitas.

Padahal, olahraga merupakan salah satu kunci utama dari menjalani gaya hidup yang sehat. Jika Anda tidak ingin obesitas menyerang Anda, maka mulailah rutin untuk melakukan olahraga-olahraga berikut ini:

Berjalan

Berjalan merupakan salah satu latihan fisik termudah, termurah dan terbaik yang bisa Anda lakukan. Ini karena berjalan tidak memerlukan peralatan pendukung dan bisa dilakukan di mana saja. Berjalan merupakan salah satu bentuk olahraga ringan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan mobilitas bagian bawah tubuh, serta membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang aman. Berjalanlah selama 10 hingga 15 menit setiap harinya, ini sangat berguna demi membuat badan tetap fit dan menjaga berat badan tetap dalam angka yang normal.

YesDok Ads

Jogging

Jogging juga menjadi salah satu latihan fisik termudah yang memberikan dampak signifikan bagi mereka yang mengalami kenaikan berat badan atau obesitas. Tak hanya itu, jogging disebut-sebut juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Bersepeda

Ingin berolahraga sembari menyegarkan pikiran? Maka cobalah bersepeda. Bersepeda dapat membantu membakar kalori yang juga memberikan dampak baik pada sendi Anda. Bersepeda memang tidak dapat membantu Anda membangun otot, namun bersepeda dapat melangsingkan tubuh, membentuk area bokong, paha dan pinggang dengan mengatasi penumpukan lemak di area-area ini.

Latihan angkat beban

Latihan angkat beban menjadi salah satu pilihan lain untuk menghindari dan mengatasi masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Dengan melakukan latihan angkat beban, Anda bisa memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kemampuan gerak di semua sendi tubuh Anda. Latihan ini juga bermanfaat untuk membangun otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tubuh bugar dengan otot-otot yang kuat tentu akan lebih sehat dan lebih menarik, ketimbang perut buncit yang pada akhirnya membuat Anda sulit bergerak.

(Foto: cyclingweekly.com)

YesDok Ads