4 Pilihan Makanan yang Memiliki Zat Anti Inflamasi Alami

May 09, 2022 | Helmi

antiinflamasi

Zat anti-inflamasi adalah suatu kandungan yang dapat mmembantu mengurangi peradangan. Itu penting karena peradangan kronis yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun telah dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

"Anda dapat menemukan sumber anti-inflamasi alami dalam makanan dan suplemen yang mengandung senyawa antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan polifenol," kata Andrea McGrew, RDN, ahli gizi diet terdaftar.

“Dibanding obat-obatan, anti-peradangan alami seperti yang ada dalam makanan lebih mudah diserap daripada sintetis, dan datang dengan manfaat nutrisi lain dari makanan utuh,” kata Amy Shapiro, RD, pendiri Real Nutrition.

Berikut ini adalah pilihan makanan yang mengandung zat anti-inflamasi alami:

Herbal dan rempah-rempah

"Banyak rempah-rempah menghambat jalur inflamasi tertentu dalam tubuh," katanya. Obat antiperadangan alami ini efektif untuk memperbaiki pola makan dan kesehatan Anda.

Herbal seperti bawang putih mengandung dialil disulfida, senyawa anti-inflamasi yang memerangi bahan kimia yang menyebabkan peradangan.

Selain itu ada kunyit yang mengandung senyawa polifenol kurkumin, anti-inflamasi yang terkait dengan meredakan radang sendi dan bahkan nyeri otot setelah berolahraga.

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde dan asam sinamat, yang terkait dengan pengurangan peradangan

Lada hitam memiliki sifat anti-inflamasi sendiri, dan juga meningkatkan efek anti-inflamasi kunyit dan kurkumin antioksidannya.

"Taburkan sedikit kayu manis di oatmeal pagi Anda sambil menikmati secangkir teh jahe segar," katanya. "Tambahkan lada hitam retak ke salad salmon Anda saat makan siang dan tambahkan kunyit ke sayuran panggang bawang putih Anda untuk makan malam."

Makanan Laut

Makanan laut seperti ikan dan kerang memiliki begitu banyak sifat anti-inflamasi sehingga penelitian sedang mengeksplorasi bagaimana memanfaatkan sifat anti-inflamasinya untuk penggunaan obat.

YesDok Ads

Ikan anti-inflamasi terbaik adalah yang kaya akan asam lemak omega-3, yang mengurangi peradangan. Ikan yang paling banyak mengandung omega-3 adalah: ikan salmon, ikan sarden, ikan kembung, tiram dan lain sebagainya.

Buah dan sayur

Semua buah dan sayuran sangat bagus untuk melawan peradangan. Faktanya, tinjauan ilmiah 2018 menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan lebih sedikit penanda peradangan. Beberapa bahkan menghasilkan lebih banyak antioksidan daripada yang lain.

Beberapa buah dan sayuran anti-inflamasi terbaik adalah:

Tomat: Tomat mengandung senyawa antioksidan likopen dan memasaknya dapat meningkatkan jumlah likopen yang Anda dapatkan.

Sayuran hijau, seperti kangkung dan bayam: Sayuran hijau kaya akan vitamin K, yang dapat mengurangi penyakit inflamasi, termasuk penyakit mata.

Brokoli: Brokoli, kubis dan kembang kol semuanya mengandung senyawa anti-inflamasi fenolat dan sulforaphane.

"Senyawa anti-inflamasi paling utuh saat makan produk mentah tetapi mereka tidak sepenuhnya hilang saat dimasak," katanya.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Banyak kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang keduanya dapat melawan peradangan.

Sebuah studi besar yang diterbitkan pada tahun 2016 menemukan bahwa makan lebih banyak kacang dikaitkan dengan lebih sedikit penanda peradangan. 

Memasukkan kacang-kacangan ini ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi peradangan.

YesDok Ads