4 Perbedaan Biologis Pria dan Wanita Saat Tidur

December 12, 2019 | Helmi

Tahukah Anda, bahwa pria dan wanita memiliki perbedaan biologis saat tertidur? Maka jangan heran ketika pasangan Anda memiliki kebiasaan yang berbeda dengan Anda terkait kebutuhan tidurnya.

Dr. Martha Cortes, spesialisasi pernapasan tidur yang berbasis di New York City mengungkapkan beberapa perbedaan biologis antara pria dan wanita saat tertidur. Dr. Cortes menjelaskan sekitar empat perbedaan tersebut. Berikut ini beberapa fakta terkait perbedaan pria dan wanita saat tidur. Ada apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Wanita Perlu Lebih Banyak Tidur

Wanita, pada umumnya, lebih mahir dalam multitasking daripada pria. Tetapi semua kekuatan otak itu berarti bahwa biasanya, wanita “membutuhkan lebih banyak tidur, karena mereka membutuhkan otak untuk pulih dari semua pekerjaan multitasking,” Dr. Cortes menjelaskan.

Menurut penjelasan dari National Sleep Foundation, perbedaannya sekitar 20 menit. Sepadan dengan produktivitas siang hari.

Wanita Suka Tidur Lebih Cepat

Wanita juga cenderung bangun lebih awal. Hal ini disebabkan oleh perbedaan ritme sirkadian, yang menurut National Sleep Foundation, "pada dasarnya adalah jam internal 24 jam yang berjalan di latar belakang otak Anda dan siklus antara kantuk dan kewaspadaan secara berkala."

Menurut Dr. Cortes, wanita memiliki siklus sirkadian yang rata-rata lebih pendek enam menit. Karena perbedaan enam menit ini, wanita biasanya pergi tidur dan bangun lebih awal.

YesDok Ads

Insomnia Lebih Umum Terjadi pada Wanita

Sleep apnea, di sisi lain, lebih sering terjadi pada pria. "Sekitar 4 persen pria mengalami sleep apnea, dibandingkan dengan sekitar 2 persen pada wanita," kata Dr. Cortes. Sementara wanita lebih mungkin mengalami insomnia daripada pria.

Wanita Tidur Lebih Nyenyak Daripada Pria

Sementara wanita memang membutuhkan lebih banyak tidur, tidur itu biasanya lebih produktif daripada yang didapat pria.

Menurut sebuah penelitian di Penn State College of Medicine, "Wanita tanpa keluhan tidur secara objektif lebih baik di seluruh usia daripada pria, dan tidur wanita muda lebih tahan terhadap stres eksternal."

Jika Anda mengalami masalah dengan tidur, mungkin ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda. Untuk segera menyelesaikannya, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter di YesDok. Melalui aplikasi YesDok, Anda dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter-dokter profesional untuk membantu menyelesaikan permasalahan kesehatan Anda.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter-dokter di YesDok, di mana saja dan kapan saja. Selain menawarkan kemudahan, konsultasi di YesDok juga sangat praktis untuk dilakukan.

{Foto: Purewow)

YesDok Ads