4 Penyebab Urine Berbusa, Waspadai Kondisi Ini

November 25, 2022 | Claudia

Urine Berbusa

Apakah Anda sering mengamati urine atau feses yang Anda keluarkan? Meski terdengar menjijikan, namun mengamati urine atau feses yang dikeluarkan merupakan salah satu kebiasaan baik, pasalnya, ini bisa membantu kita mengidentifikasi adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah ketika Anda melihat urine berbusa.

Urine berbusa merupakan suatu masalah dan harus dikonsultasikan pada dokter. Urine berbusa tak hanya disebabkan oleh adanya tekanan pada kandung kemih, namun juga karena berbagai faktor. Jadi, apa saja yang bisa menjadi penyebab urine berbusa?

Infeksi saluran kemih

Infeksi Saluran Kemih atau ISK merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh wanita. Hal ini bisa terjadi salah satunya karena penggunaan toilet yang tidak higienis.

Bakteri dan jamur yang memasuki saluran kemih dapat menyebabkan sensasi terbakar, sehingga menghasilkan urine berbusa.

Jadi, jika Anda mulai mengalami masalah ini, segeralah berkonsultasi ke dokter, karena ISK perlu untuk diobati dengan antibiotik. Usahakan untuk selalu memilih toilet atau kamar mandi yang bersih sebagai salah satu langkah pencegahan.

Masalah ginjal

YesDok Ads

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, dan gangguan pada fungsi ginjal dapat menyebabkan bahaya kesehatan yang buruk. Jika Anda terus mengalami kondisi urine berbusa, bisa jadi Anda menderita masalah pada ginjal Anda. Segera kunjungi dokter untuk mengetahui kondisi Anda lebih lanjut.

Diabetes

Sering kali, orang-orang yang didiagnosis menderita diabetes, mengalami kondisi urine berbusa. Jika Anda terus mengeluarkan urine yang berbusa, coba ingat lagi, kapan terakhir kali Anda memeriksa kadar gula darah Anda?

Segera kunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi Anda dan untuk mencegah agar diabetes tidak semakin parah.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab urine berbusa yang utama. Dua pertiga bagian tubuh kita diisi oleh air. Setiap harinya, air juga membantu membuang limbah dan racun dari tubuh melalui urine. Asupan air yang cukup sangat diperlukan untuk meningkatkan fungsi tubuh.

(Foto: Times Now)

YesDok Ads