Diet
+1

4 Penyebab Kenaikan Berat Badan yang Kerap Tidak Disadari

September 16, 2021 | Helmi

kenaikan berat badan

Apakah Anda mengalami kenaikan berat badan tanpa alasan? Jika ya, maka Anda perlu memperbaiki beberapa hal sederhana dalam diet dan gaya hidup Anda. 

Berat badan yang sehat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Pola makan yang sehat dan olahraga teratur adalah dua hal penting yang mempengaruhi berat badan Anda. 

Tetapi ada beberapa faktor yang mungkin berperan, termasuk tingkat aktivitas fisik, tingkat stres, pola tidur, dan lainnya. 

"Anda mungkin tidak tahu ada banyak faktor tersembunyi yang dapat menjadi beberapa faktor yang tidak dapat dijelaskan di balik kenaikan berat badan," sebut Ahli Gizi Lovneet.

Berikut ini beberapa penyebab umum kenaikan berat badan yang tidak disengaja dan kerap tidak disadari:

Stres

Stres yang tidak terkontrol mempengaruhi sekresi hormon yang mengatur kebiasaan makan Anda. Ini dapat menyebabkan lebih banyak mengidam dan membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya. 

Stres kronis juga dikaitkan dengan risiko beberapa penyakit yang lebih tinggi. Karena itu, cobalah teknik manajemen stres seperti meditasi, yoga, dan olahraga.

Insomnia

Pola tidur Anda terkait dengan kesehatan Anda secara keseluruhan dalam banyak hal. Hal ini juga dapat mempengaruhi berat badan Anda. 

YesDok Ads

Menurut ahli gizi, orang yang kurang tidur mengkonsumsi lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan energi mereka, yang menyebabkan penambahan berat badan.

Berolahraga secara teratur, makan malam ringan dan ciptakan lingkungan yang nyaman untuk memastikan tidur yang lebih baik.

Tiroid kurang aktif

Hipotiroidisme, juga dikenal sebagai tiroid yang kurang aktif adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid untuk memenuhi kebutuhan tubuh. 

Kenaikan berat badan adalah salah satu gejala hipotiroidisme. Jika Anda mengalami gejala lain seperti kulit kering, kelelahan, sembelit, kelemahan otot, penipisan rambut, dan nyeri pada persendian, periksakan diri Anda untuk hipotiroidisme. 

Dokter Anda akan meresepkan obat. Anda mungkin perlu membuat perubahan yang diperlukan dalam diet dan gaya hidup untuk mengelola gejalanya.

Gangguan makan berlebihan

Binge eating disorder adalah jenis gangguan makan yang dikategorikan sebagai makan berlebihan yang tidak terkendali. Ini terkait dengan beberapa risiko kesehatan termasuk penambahan berat badan.

Berbagai alasan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang cepat dan tidak dapat dijelaskan, Anda harus menemui dokter untuk menentukan penyebab yang mendasarinya.

YesDok Ads