0 Point
4 Penyebab Gigi Kuning dan Berkarang

4 Penyebab Gigi Kuning dan Berkarang

Ada banyak masalah kesehatan mulut dan gigi. Salah satunya adalah gigi kuning dan karang gigi. Kedua masalah kesehatan ini saling berkaitan erat. Dimana karang gigi dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan gigi terlihat kuning. Lalu, apa sih sebenarnya penyebab gigi menguning dan berkarang?

Gigi kuning dna berkarang tentu sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja penyebab gigi kuning dan berkarang agar dapat menghindarinya. Penyebab gigi menguning dan berkarang sangat beragam. 

Inilah yang Membuat Gigi Anda Mudah Berubah Menjadi kuning

Berikut ini penyebab gigi kuning yang harus diketahui:

Usia

Sebenarnya faktor usia juga berkontribusi pada perubahan warna gigi. Semakin bertambahnya usia, maka enamel gigi yang semula berwarna putih akan menipis hingga membuat lapisan dentin yang berwarna kuning terlihat.

Tembakau

Bagi perokok, gigi menguning adalah salah satu dampak buruk yang akan terjadi. Merokok dapat meninggalkan noda pada gigi sehingga membuat gigi menguning.

Kopi dan teh

Kromogen adalah zat warna yang dapat meninggalkan noda pada enamel gigi. Sayangnya, zat warna kromogen ini terdapat pada minuman kopi dan teh. Selain itu, kandungan tanin yang tinggi juga turut membuat warna gigi mengalami perubahan.

Minuman bersoda

Selain terdapat dalam kopi dan the, kandungan kromogen juga terdapat di minuman bersoda. Sebuah studi mengatakan minuman bersoda yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi dapat membuat enamel gigi terkikis.

Penyebab Karang Gigi Menumpuk

Karang gigi disebabkan oleh penumpukkan plak atau sisa makanan yang tidak dibersihkan. Plak yang bersemayam lama di sela gigi dapat bertemu dengan bakteri di mulut. Lama kelamaan plak tersebut dapat mengeras dan membentuk karang gigi. Karang gigi yang terbentuk ini memiliki permukaan yang asam dan berpori.

Karang gigi sendiri terdiri dari dua jenis sesuai dengan lokasinya yakni karang gigi supragingival dan karang gigi subgingival. Berikut ini penjelasannya:

  • Karang gigi supragingival merupakan karang gigi yang terletak di atas garis gusi. Karang gigi jenis ini berwarna kekuningan dan termasuk mudah dibersihkan. Karang gigi supragingival adalah penyebab utama radang gusi ringan yang ditandai dengan gusi berdarah setiap kali sikat gigi.
  • Karang gigi subgingival adalah karang gigi yang terbentuk di bawah garis gusi. Karena letaknya di bawah gusi, maka karang gigi jenis ini dapat menyebabkan pendarahan yang parah.
SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok