4 Pengobatan Alami untuk Sakit Kepala Cluster

June 16, 2022 | Claudia

Sakit kepala cluster

Ada berbagai jenis sakit kepala, salah satunya adalah sakit kepala cluster. Sakit kepala cluster adalah nyeri pada kepala yang terjadi secara berulang. Sakit kepala ini bisa berulang selama satu siklus atau dalam pola tertentu. Banyak yang sering mengira, sakit kepala cluster merupakan gejala alergi musiman.

Sakit kepala cluster lebih umum dialami oleh laki-laki yang berada dalam kelompok usia 20--50 tahun. Meski begitu, semua orang dari kelompok usia maupun jenis kelamin apa pun, tetap saja bisa mengalami sakit kepala ini. Faktor risiko paling umum dari sakit kepala cluster adalah gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan stres.

Sakit kepala cluster bisa sangat membuat seseorang merasa tidak nyaman. Meski begitu, ini bukanlah penyakit yang berbahaya dan harus dikhawatirkan secara berlebihan. Selain pengobatan medis, ada beberapa pengobatan alami yang juga bisa membantu redakan sakit kepala cluster, seperti:

Minyak esensial

Minyak esensial dari tanaman tertentu memiliki senyawa aromatik yang telah terbukti dapat meringankan gejala sakit kepala cluster. Minyak esensial mengandung sifat terapeutik yang bekerja dengan menyejukkan saraf dan menenangkan tubuh. Minyak esensial peppermint dan lavender merupakan dua macam minyak esensial yang dipercaya mampu mengusir sakit kepala cluster.

Makanan kaya magnesium

YesDok Ads

Kadar magnesium yang rendah bisa menyebabkan seseorang sering mengalami sakit kepala cluster. Pastikan Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti alpukat dan salmon, sehingga Anda bisa terhindar dari sakit kepala ini.

Latihan pernapasan dalam

Pernapasan dalam memungkinkan tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen ke otak yang dapat membantu meringankan rasa sakit saat sakit kepala cluster menyerang. Ketika Anda mengalami sakit kepala cluster, lakukan latihan pernapasan dalam untuk mengurangi gejala dan rasa sakit yang diderita.

Teh jahe

Jahe mengandung gingerol dan dikenal memiliki sifat terapeutik. Senyawa ini membuat jahe menjadi antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat sehingga bisa membantu mengobati serangan sakit kepala cluster. Minum teh jahe dua kali dalam sehari agar gejala sakit kepala cluster lebih cepat hilang.

(Foto: hopkinsmedicine.org)

YesDok Ads