4 Minyak Esensial untuk Perawatan Bibir Kering

April 01, 2020 | Claudia

Perawatan bibir

Banyak orang yang melupakan kegiatan merawat diri saat masa-masa isolasi di rumah. Ini menyebabkan kulit mereka mengalami kerusakan, termasuk juga kulit bibir. Kulit bibir yang jarang dirawat bisa menjadi sangat kering dan pecah-pecah.

Kulit bibir yang kering juga bisa terjadi akibat dehidrasi, cuaca dingin, kebiasaan menjilat bibir, paparan sinar matahari berlebih, dan perawatan yang salah. Kulit bibir yang kering dan pecah-pecah tak hanya akan mengganggu penampilan Anda, namun juga membuat Anda merasa tidak nyaman.

Lalu adakah perawatan terbaik untuk mengatasi masalah ini?

Salah satu yang bisa Anda coba adalah perawatan dengan minyak esensial. Beberapa minyak esensial dapat membantu menutrisi kulit bibir sehingga dapat membuatnya lebih halus dan lembut.

Berikut ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit bibir yang kering dan pecah-pecah:

Minyak esensial lavender

Minyak esensial lavender adalah salah satu minyak esensial terbaik untuk bibir Anda. Ini karena minyak lavender memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat menenangkan kulit bibir Anda dan membuatnya lebih lembut juga kenyal dalam waktu singkat.

Minyak esensial melati

Terbuat dari kelopak bunga melati, minyak esensial melati meningkatkan hidrasi untuk mengatasi kulit bibir yang kering. Sifat anti-inflamasi dari minyak melati juga membantu menyembuhkan kulit bibir yang pecah-pecah. Ini juga meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat meremajakan kulit bibir dan membuatnya lebih lembut dan kenyal.

YesDok Ads

Minyak esensial peppermint

Memiliki sifat penenang dan pendingin untuk bibir, minyak esensial peppermint kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan bibir dan membuatnya lebih lembut, kenyal, dan lembap. Vitamin C yang terkandung dalam minyak peppermint sangat bagus dalam melembapkan bibir dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, sifat analgesik dari minyak esensial ini juga mempercepat penyembuhan dari rasa sakit.

Minyak esensial lemon

Vitamin C yang terkandung dalam minyak esensial lemon memberikannya sifat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Menggunakan minyak esensial lemon sebagai perawatan rutin, dapat membantu meremajakan kulit bibir sehingga menjadikannya lebih lembut.

Cara menggunakan minyak esensial untuk kulit bibir pecah-pecah

Meskipun minyak esensial sangat baik untuk kulit bibir Anda, pengaplikasiannya tidaklah sesederhana itu. Ini karena minyak esensial dalam bentuk yang pekat dapat membahayakan kulit jika dioleskan secara langsung. Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu dengan minyak lain seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak jojoba.

Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan satu sendok makan minyak pembawa dan oleskan pada bibir Anda. Rutinlah melakukan perawatan ini setiap hari untuk melihat hasilnya dengan cepat.

(Foto: nbcnews.com)

YesDok Ads