4 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

May 18, 2022 | Claudia

Vitamin C

Tubuh kita membutuhkan sederet nutrisi untuk dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik. Salah satu nutrisi yang penting untuk dipenuhi setiap harinya adalah vitamin C. Vitamin C memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi, tak hanya itu, vitamin C juga sangat baik untuk kulit.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat vitamin C untuk kulit:

Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Antioksidan dalam vitamin C dapat membantu mempertahankan diri dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV). Namun, ini bukan berarti Anda bisa sepenuhnya mengandalkan vitamin C dan meninggalkan tabir surya. Vitamin C bekerja mengatasi kerusakan akibat sinar UV dari dalam.

Meningkatkan kolagen

Protein ini secara alami terbentuk di kulit, dan berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen juga akan melambat. Menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin C bisa membantu mendorong pertumbuhan kolagen baru. Selain itu, vitamin C juga membantu menjaga kolagen yang sudah Anda miliki dari kerusakan.

YesDok Ads

Mengurangi bekas luka

Dalam sebuah penelitian, gel vitamin C yang dioleskan ke kulit dapat membuat luka bekas operasi menjadi tersamarkan. Dalam penelitian yang melibatkan 80 orang ini, setengah dari mereka mengoleskan gel silikon yang mengandung vitamin C pada luka mereka setiap hari selama 6 bulan setelah jahitan dilepas. Hasilnya, bekas luka menjadi kurang terlihat dibandingkan dengan peserta lain yang tidak mengoleskan gel vitamin C.

Antiaging

Vitamin C sering digunakan dalam berbagai produk antiaging. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi munculnya kerutan jika Anda menggunakannya paling tidak selama 12 minggu. Diet sehat yang mengandung tinggi vitamin C juga dapat membantu. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang makan lebih banyak vitamin C, akan memiliki lebih sedikit kerutan pada kulitnya. Selain jeruk, brokoli, jambu biji, paprika, dan bayam juga bisa menjadi pilihan.

(Foto: everydayhealth.com)

YesDok Ads