4 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

November 16, 2019 | Helmi

Minyak alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, menjadikannya pengganti yang sehat untuk minyak yang biasanya kita konsumsi. Beberapa penelitian mengungkapkan berbagai manfaat kesehatan ekstrak dari buah yang padat nutrisi terutama jika kita memasukkannya ke dalam makanan kita.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa minyak alpukat baik untuk kesehatan.

Kesehatan jantung

Mengganti karbohidrat diet dengan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan tekanan darah, menormalkan kadar lipid dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut sebuah penelitian.

Minyak alpukat yang dikonsumsi dalam jumlah sedang sebagai pengganti sumber lemak jenuh dan trans secara efektif dapat menurunkan atau mempertahankan tingkat tekanan darah, karenanya menghasilkan kesehatan jantung yang baik.

Penyerapan Nutrisi yang Lebih Baik

Menggunakan minyak alpukat dalam salad dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti karoten, menurut sebuah penelitian. Karotenoid seperti lutein, beta-karoten, dan alpha-karoten membantu mengurangi perkembangan penyakit yang mempengaruhi mata dan jenis kanker tertentu.

YesDok Ads

Tingkat Kolesterol Baik Lebih Tinggi

Ekstrak alpukat juga mengandung asam oleat tak jenuh tunggal, yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik tubuh yang disebut HDL atau lipoprotein densitas tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang dikenal sebagai LDL (low-density lipoprotein). 

Menambahkan minyak alpukat dalam olahan makanan dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung dengan nutrisi dan senyawa yang dimilikinya.

Kesehatan tulang

Ekstrak minyak ini juga berpotensi membantu mengobati penyakit yang mempengaruhi sendi. Minyak alpukat ditemukan untuk meringankan nyeri sendi dan pembengkakan seperti dalam kasus rheumatoid arthritis atau osteoarthritis ketika dikonsumsi.

(Foto: healthline)

YesDok Ads