0 Point
Manfaat Menanam Pohon Bagi Kesehatan

4 Manfaat Menanam Pohon bagi Kesehatan, Mau Mencoba?

Di awal masa pandemi Covid-19, kita semua kesulitan untuk bermobilitas, dan pada akhirnya, hampir semua aktivitas hanya dilakukan di dalam rumah. Ini membuat banyak orang terdorong untuk berkebun atau menanam pohon di area rumahnya. Ternyata, tak hanya menyenangkan, ada banyak manfaat menanam pohon bagi kesehatan yang bisa didapatkan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat menanam pohon bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan, jika rutin melakukan hobi ini:

Membantu tubuh melawan penyakit

Saat menanam pohon di luar ruangan, kita akan lebih sering terpapar sinar matahari. Tubuh menggunakan sinar matahari untuk membuat salah asatu nutrisi yang diperlukan, yakni vitamin D.

Peneliti memperkirakan sekitar setengah jam berada di bawah sinar matahari, dapat menghasilkan antara 8.000 hingga 50.000 IU vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin D sangat penting bagi ratusan fungsi tubuh, termasuk memperkuat tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, vitamin D juga dapat membantu menurunkan risiko:

  • Kanker payudara
  • Kanker kolorektal
  • Kanker kandung kemih
  • Kanker prostat
  • Limfoma nonhodgkin
  • Sklerosis ganda

Menjaga tubuh tetap sehat

Menurun Centers for Disease Control and Prevention (CDC) manfaat menanam pohon bagi kesehatan sama dengan berolahraga. Bekerja menanam dan merawat pohon menggunakan otot-otot utama dalam tubuh.

Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas fisik seperti menanam pohon, dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko obesitas dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Merawat ingatan

Aktivitas fisik dapat meningkatkan fungsi kognitif di otak. Menanam pohon disebut dapat memacu pertumbuhan saraf yang berkaitan dnegan ingatan di otak Anda.

Dalam penelitian di tahun 2014, ditemukan bahwa terapi hortikultura atau berkebun untuk meningkatkan kesehatan mental, bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk penderita demensia.

Meningkatkan suasana hati

Manfaat menanam pohon bagi kesehatan mental salah satunya adalah memperbaiki dan meningkatkan suasana hati Anda.

Saat seseorang menghabiskan waktunya untuk menanam sejumlah tanaman, tingkat kecemasan mereka menurun, dan stres pun berkurang.

(Foto: allaboutgardening.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok