4 Manfaat Bermain Alat Musik, Tertarik Mencoba?

September 15, 2022 | Claudia

Manfaat Bermain Alat Musik

Apakah Anda suka bermain musik? Bermain alat musik seperti gitar, piano, ukulele, drum, dan berbagai alat musik lainnya, merupakan salah satu hobi dari beberapa orang. Manfaat bermain alat musik sangatlah luas, sehingga ini tak sekadar hobi yang menyenangkan tapi juga menyehatkan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat bermain alat musik yang bisa Anda dapatkan:

Meningkatkan koordinasi tubuh

Bermain alat musik mengharuskan seseorang untuk lebih fokus terhadap koordinasi tubuh yang baik, misalnya antara tangan dengan mata. Jika dilakukan secara rutin, ini bisa lebih mengasah koordinasi tubuh dan membuat Anda lebih baik lagi dalam melakukan aktivitas lainnya, misalnya berolahraga.

Menajamkan fokus dan konsentrasi

Manfaat bermain alat musik selanjutnya adalah, ini bisa mempertajam fokus dan konsentrasi Anda. Saat bermain alat musik, seseorang harus lebih fokus dan berkonsentrasi dalam mengatur setiap elemen musik, mulai dari lirik, irama, tektur, timbre, dan lain-lain, agar bunyi musik yang didapat sesuai dengan yang diharapkan. 

Hal ini pada akhirnya bisa melatih seseorang untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus mereka. Tak hanya bermain musik sendirian, manfaat bermain alat musik dalam sebuah grup juga akan meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda.

Meningkatkan sistem pernapasan

Ada banyak alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup, sebut saja suling, terompet, trombon, dan masih banyak lagi.

Napas yang benar dan tepat merupakan kunci utama dari memainkan alat musik ini. Hal ini karena instrumen akan berbunyi sesuai getaran udara yang dihasilkan dari napas seseorang yang memainkannya.

Manfaat bermain alat musik tiup secara rutin dapat membantu melatih pernapasan seseorang. Ini bisa membuat sistem pernapasan menjadi lebih baik.

Meningkatkan suasana hati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat bermain alat musik dapat mengurangi stres dan menurunkan tingkat hormon kortisol. Bagi Anda yang senang menciptakan alunan musik sendiri, ini juga dapat membantu Anda lebih mudah mengatur suasana hati, mulai dari bahagia, sedih, hingga tegang.

(Foto: online.berklee.edu)

YesDok Ads