Diet
+1

4 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

July 14, 2021 | Kaifia

sayur

Selama pandemi COVID-19, penting bagi sistem kekebalan Anda untuk tetap dalam kondisi prima. Salah satu cara untuk tetap sehat adalah dengan menjaga pola makan yang bergizi.

Kekebalan dibangun ketika tubuh Anda harus melawan segala sesuatu mulai dari penuaan sehari-hari hingga infeksi. Bahan pembangunan kekebalan Anda dibantu oleh zat gizi mikro dalam makanan Anda, seperti antioksidan dan vitamin dan mineral, dan tidak ada yang lebih baik daripada buah dan sayuran, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanlah untuk sistem kekebalan yang lebih kuat, baik Anda sedang menghadapi COVID-19 atau penyakit potensial lain yang mengharuskan tubuh Anda menjadi lebih sehat dan nanti. 

Berikut adalah makanan yang terbukti melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih bukan hanya penambah rasa yang enak, tetapi juga penting untuk kesehatan Anda. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih terkait dengan senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin. Allicin dianggap meningkatkan kemampuan sel kekebalan Anda untuk melawan pilek dan flu, dan semua jenis virus. Bawang putih juga memiliki sifat antimikroba dan anti-virus yang diperkirakan dapat melawan infeksi.

Jeruk

Tubuh Anda tidak menghasilkan vitamin C, yang berarti Anda perlu mendapatkannya setiap hari untuk memiliki cukup kolagen yang sehat. Vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dan jeruk. Ini bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Pepaya

Pepaya mengandung potasium, vitamin B, dan folat, yang merupakan pembangunan sel yang kuat. Bagaimana tepatnya asam folat bekerja untuk membangun kekebalan terkait dengan perannya dalam sintesis protein, dan para peneliti berpikir bahwa mekanisme apapun dimana sel-sel berkembang biak dapat terpengaruh. Orang yang kekurangan folat memiliki sistem kekebalan yang terganggu.

Brokoli

Brokoli adalah sumber lutein yang baik, antioksidan kuat, dan sulforaphane. Ini mengandung nutrisi tambahan, termasuk beberapa magnesium, fosfor, seng, dan zat besi. Kunci untuk menjaga nutrisi kuatnya tetap utuh dan siap membantu respons kekebalan tubuh adalah dengan memasaknya atau memakan dengan mentah.

YesDok Ads