4 Langkah untuk Cegah Osteoporosis

June 12, 2022 | Iman

Osteoporosis

Berdasarkan data global di dunia, 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 3 perempuan yang berusia di atas 50 tahun berisiko mengalami patah tulang akibat osteoporosis. 

Terdapat beberapa faktor risiko osteoporosis, yaitu kondisi menopause (akibat berkurangnya tingkat hormon estrogen), semakin bertambahnya usia, diet yang tidak sehat, faktor genetik, serta kurangnya aktivitas dan latihan fisik. Patah tulang yang diakibatkan osteoporosis merupakan salah satu penyebab utama timbulnya nyeri, disabilitas jangka panjang, hingga kasus yang fatal.

Dengan melakukan langkah awal untuk melindungi tulang kita, kita akan mendapatkan masa depan sehat, aktif, dan bahagia. Berikut 4 langkah pencegahan osteoporosis:

Lakukan aktivitas dan latihan fisik secara teratur dan terukur

Orang yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk memiliki risiko osteoporosis lebih tinggi daripada mereka yang lebih aktif. Kombinasi latihan menahan gravitasi (weight bearing), meningkatkan kekuatan otot, dan aktivitas yang meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh yang baik bermanfaat bagi kesehatan tulang. Lakukan latihan fisik minimal 150 menit setiap minggu.

Tingkatkan asupan kaya kalsium

YesDok Ads

Beberapa jenis makanan sumber kalsium diantaranya seperti produk susu, ikan dengan tulang, sayuran hijau, dan produk kedelai. Bahan makanan sumber kalsium juga harus diiringi dengan pemenuhan sumber vitamin D yang salah satunya bisa diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari, serta sumber protein dari lauk-pauk hewani maupun nabati untuk menjaga kondisi otot.

Hindari gaya hidup tidak sehat

Hindari kebiasaan gaya hidup tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan tidak terkontrol hingga mengakibatkan berat badan berlebih, merokok, serta minum minuman beralkohol.

Lakukan pemeriksaan rutin

Lakukan pemeriksaan rutin dan konsultasi ke dokter. Bila diperlukan dapat dilakukan tes kepadatan tulang, terutama pada orang dengan risiko tinggi.

YesDok Ads