4 Kesalahan saat Olahraga

March 11, 2020 | Claudia

Olahraga

Mendambakan tubuh yang sehat dan bugar, sudah pasti Anda harus melakukan latihan fisik dengan benar. Olahraga adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Berolahraga dengan rutin, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Agar tetap dapat sehat dan bugar dalam jangka waktu yang lebih lama, kita harus mempraktikan kombinasi diet seimbang dan olahraga yang teratur. Dengan begini, tak hanya tubuh sehat yang Anda dapat, tapi juga pembentukan massa otot yang akan membuat tubuh Anda lebih sedap dipandang.

Agar lebih memaksimalkan olahraga demi mencapai tujuan Anda, maka Anda perlu mengetahui apa-apa saja kesalahan saat berolahraga yang bisa menghancurkan rencana Anda.

Berikut ulasannya:

Tidak pemanasan

Pemanasan sangat penting untuk dilakukan sebelum memulai olahraga apa pun. Latihan pemanasan dan peregangan memungkinkan tubuh untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan latihan fisik yang lebih intens. Ini dapat menghindarkan Anda dari cedera, kelelahan ekstrem, dan kram otot.

Tidak latihan beban

YesDok Ads

Banyak orang datang ke pusat kebugaran, dengan maksud dan tujuan untuk menurunkan berat badan. Tapi yang mereka lakukan hanyalah melakukan latihan kardio seperti berlari di treadmill, bersepeda dengan sepeda statis, dan lain-lain. Padahal, latihan kardio saja tidak cukup, Anda perlu menambah intensitas latihan fisik Anda dengan melakukan latihan angkat beban. Ini karena metabolisme tubuh baru akan meningkat ketika latihan kardio dan latihan angkat beban dilakukan.

Melakukan latihan fisik secara berlebihan

Meskipun Anda sangat ingin mencapai tujuan dengan cepat, namun melakukan latihan fisik terlalu berat tidak disarankan. Tubuh Anda tetap butuh istirahat untuk bisa pulih dari kelelahan akibat latihan fisik sebelumnya. Selain melelahkan, latihan fisik yang terlalu berlebih juga membuat olahraga Anda menjadi tidak efektif. Pahami batasan tubuh Anda agar latihan fisik tetap optimal.

Tidak minum

Manusia harus minum paling tidak 2 liter atau 8 gelas air per hari, agar tubuh tetap sehat. Minum air sebelum dan sesudah melakukan latihan fisik sangat penting untuk dilakukan, karena tubuh Anda kehilangan banyak cairan saat berolahraga akibat keringat yang dikeluarkan. Minum air di sela-sela latihan fisik juga sangat bermanfaat untuk membantu Anda tetap berenergi sepanjang sesi latihan dan membantu pemulihan otot lebih cepat.

(Foto: healthline.com)

YesDok Ads