4 Jenis Sariawan yang Sering Dialami Oleh Anak

October 01, 2022 | Aqiyu

4 Jenis Sariawan yang Sering Dialami Oleh Anak

Sariawan sangat mengganggu hingga tidak enak untuk makan dan minum. Sariawan bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Sariawan pada anak-anak dapat membuat rewel dan enggan makan. Ternyata sariawan yang dialami oleh si kecil ini banyak ragamnya, yuk kenali jenis sariawan serta penyebabnya.

Sariawan adalah kelainan selaput lendir yang ditandai dengan bercak luka berwarna putih. Biasanya sariawan ini muncul pada dinding mulut, bibir atas dan lidah. Ditambah lagi, pada rongga mulut terdapat banyak bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan sariawan. Misalnya kesalahan dalam menggosok gigi. Sariawan juga bisa timbul akibat tergigit atau terjatuh, dan adanya infeksi. Misalnya infeksi virus cacar air, penyakit kaki tangan mulut dan herpes simplex. 

Meski bukanlah penyakit serius, sariawan bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Bahkan rasa sakit ini dapat memicu si kecil jadi susah berbicara dan makan. Kalau sudah begini tentu dapat memengaruhi berat badannya. Nyeri ini dapat muncul 24-48 jam dan bertahan hingga 3-4 hari. Kemudian setelah itu akan tumbuh lembaran fibrin putih sehingga nyeri dapat berkurang. Sariawan ini rata-rata dapat sembuh dalam waktu 7-10 hari.

Berikut ini empat jenis sariawan yang dilansir dari laman IDAI:

Stomatitis aphtousa

Sariawan jenis ini paling banyak terjadi pada bayi dan anak-anak. Biasanya stomatitis aphtousa ini muncul akibat pasca trauma tergigit atau tergores sikat gigi.

Oral thrush atau kandidiasis mulut

YesDok Ads

Jenis sariawan ini disebabkan oleh jamur candida albicans. Kandidias mulut ini pun sering terjadi pada anak dengan daya tahan tubuh yang menurun. Risiko munculnya jenis sariawan ini pun karena efek sering minum antibiotik dalam jangka lama atau lebih dari 7 hari serta kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik.

Stomatitis herpetic

Sariawan ini muncul disebabkan oleh virus herpes simplex. Biasanya sariawan ini muncul di sekitar tenggorokan dan terjadi jika terdapat virus yang mewabah dan daya tahan tubuh si kecil sedang menurun.

Sariawan terkait penyakit hand, foot, and mouth disease

Luka pada sariawan ini biasanya muncul sangat banyak dan menimbulkan nyeri yang hebat. Sariawan jenis ini biasanya muncul bersamaan dengan lesi kulit di telapak tangan dan kaki.

(Foto: CMI hospital)

YesDok Ads