0 Point
Jenis Makanan Penyebab Jerawat

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat kerap dikaitkan dengan kondisi kulit berminyak atau stres. Namun, tahukah Anda bahwa ada makanan penyebab jerawat? Nah, sebagai salah satu upaya untuk mencegah munculnya jerawat, kenali dan batasi konsumsi berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat berikut ini. 

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat muncul di bagian tubuh tertentu, seperti wajah, dada, atau punggung. Jerawat ada yang bersifat ringan hingga parah dan menyerupai benjolan berisi kista dan nanah.

Jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, tapi ada juga sebagian makanan yang dapat memicu jerawat. Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah, kemudian memicu peningkatan hormon insulin. 

Dengan meningkatnya kadar insulin di dalam tubuh, produksi minyak di kulit pun akan meningkat, sehingga lebih rentan menyebabkan jerawat. Berikut merupakan ragam makan yang dapat menyebabkan jerawat, yaitu: 

1. Keripik kentang

Keripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng dan roti juga memiliki karbohidrat tinggi yang sebaiknya Anda hindari.

2. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman yang tinggi gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah kemasan yang diberi gula tambahan, juga dapat menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat.

3. Makanan olahan susu

Susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya seperti es krim, meski kaya dengan kandungan kalsium, ternyata dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi berlebihan. Asam amino yang terkandung dalam produk susu juga dipercaya dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif dan memicu timbulnya jerawat.

4. Makanan berminyak

Makanan beminyak umumnya mengandung lemak dan garam yang tinggi, misalnya gorengan dan makanan cepat saji. 

Beberapa penelitian membuktikan pro & kontra perihal hal ini, namun cukup disarankan untuk menghindari konsumsi makanan berminyak untuk alasan kesehatan. Selain itu, banyak anggapan bahwa makanan pedas juga bisa menyebabkan jerawat. 

Padahal, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat. Selain keempat jenis makanan di atas, banyak hal lain yang dapat menyebabkan jerawat. Contohnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu, kadar hormon dalam tubuh, dan stres.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok