4 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Kanker Usus Besar

August 01, 2022 | Iman

Makanan untuk cegah kanker usus besar

Yang perlu kita ketahui tiap orang yang punya saudara atau orangtua yang menderita kanker usus besar juga punya risiko mengalami hal yang sama sampai 2-3 kali lebih besar jika dibandingkan mereka yang tidak punya riwayat keluarga dengan penyakit kanker usus besar. 

Pola makan merupakan salah satu cara pencegahan kanker usus besar. Karena kanker usus besar berkembang dari sel abnormal di lapisan usus besar (rektum), gizi makanan memiliki peran besar dalam meningkatkan atau menurunkan risiko kanker usus besar. Berikut adalah 4 makanan yang bisa mencegah kanker usus besar.

Alpukat

Karena serat adalah faktor yang sangat panting untuk melancarkan pencernaan dan mencegah munculnya polip, alpukat yang tinggi serat sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk pencegahan kanker usus besar. Selain alpukat, makanan yang tinggi serat lainnya adalah gandum utuh, oatmeal, beras merah dan kacang-kacangan berwarna hitam.

Ubi

Ubi adalah salah satu makanan kaya antioksidan yang bisa menangkal semua jenis sel kanker karena bisa menetralisir efek buruk yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain ubi, makanan yang kaya antioksidan lainnya adalah brokoli, bayam, dan wortel.

YesDok Ads

Jahe

Rempah-rempah yang salah satunya adalah jahe bisa berfungsi sebagai anti-inflamasi yang gunanya untuk membunuh sel-sel kanker usus besar. Selain jahe, rempah-rempah lain yang punya fungsi sama adalah kunyit, bawang putih, bawang merah dan oregano.

Yogurt

Probiotik yang terkandung dalam yogurt bisa merangsang usus dan bisa menjadi sumber bakteri baik yang gunanya menjaga flora usus kita tetap sehat dan seimbang. Selain yogurt, makanan lain yang mengandung probiotik adalah sup miso, acar, dan cuka sari apel (apple cider vinergar).

(Foto: womens health)

YesDok Ads