0 Point
Rambut Rontok

4 Hal yang Bisa Sebabkan Rambut Rontok dan Menipis

Rambut rontok mungkin menjadi masalah yang menyebalkan bagi banyak orang. Sebenarnya, merupakan hal yang normal untuk kehilangan antara 50-100 helai rambut dalam sehari, akan tetapi, rambut rontok menyebabkan penipisan, yang bisa mengantarkan pada kondisi kebotakan dini. Jika sudah begini, tentu penampilan Anda yang akan dipertaruhkan!

Semua rambut yang tumbuh di kepala kita memiliki siklus hidup yang normal, dengan sebagian besar rambut di kulit kepala bertahan sekitar tiga tahun, sebelum akhirnya rontok dan diganti dengan rambut yang baru. Rambut tumbuh dari kantong kecil di kulit yang dikenal dengan folikel rambut. Antara folikel rambut yang satu dengan yang lain memiliki tahap siklus yang berbeda.

Ini berarti, sekitar satu persen dari rambut di kulit kepala selalu berada di akhir siklus hidup alami mereka, sehingga kerontokan akan terjadi. Inilah mengapa kita semua melihat beberapa helai rambut rontok setiap kali kita mencuci rambut.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang menyebabkan kerontokan rambut menjadi lebih parah. Berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab umum kerontokan rambut Anda:

Penggunaan produk untuk rambut yang berlebihan

Tanpa disadari, banyak produk untuk rambut yang bisa menyebabkan kerontokan, seperti produk pewarna rambut, pelurus rambut, pemutih rambut, dan lain-lain. Jika Anda baru saja mengecat rambut Anda atau meluruskan/mengeritingkan rambut Anda, maka tak heran jika rambut Anda rentan mengalami kerontokan.

Menguncir rambut terlalu ketat

Menarik rambut menjadi sanggul atau menguncirnya dengan ketat dan kencang, bisa menyebabkan rambut menjadi tegang, dan memisahkannya dari folikel rambut di kulit kepala. Kondisi ini bisa memicu traksi alopecia, di mana rambut menipis dan tampak botak di area yang paling tertekan akibat ditarik saat menguncir, mengepang, atau menyanggul rambut.

Anemia defisiensi besi

Pada wanita, salah satu penyebab paling umum dari penipisan rambut dan kerontokan rambut adalah kekurangan zat besi. Ini biasanya disebabkan oleh kehilangan darah saat menstruasi yang terlalu banyak. 

Akan tetapi, kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan masalah kerontokan rambut. Zat besi merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Kekurangan zat besi dalam tubuh akan sangat berdampak pada kekuatan dan kuantitas rambut di kulit kepala.

Kehamilan

Perubahan hormonal selama kehamilan juga dapat berdampak pada pertumbuhan rambut, yang mengakibatkan penipisan rambut selama masa kehamilan. Namun jangan khawatir, rambut biasanya tumbuh kembali secara normal tanpa perawatan apa pun dalam beberapa bulan atau minggu sesudah melahirkan.

(Foto: scientificamerican.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok