4 Hal yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut di Pagi Hari

May 26, 2022 | Claudia

Bau mulut di pagi hari

Saat terbangun di pagi hari, kebanyakan dari kita pasti mengalami ketidaknyamanan akibat bau mulut atau halitosis. Sebenarnya, apa yang menyebabkan bau mulut di pagi hari?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mulut Anda berbau tak sedap di pagi hari:

Berkurangnya produksi liur

Saat tertidur, mulut akan lebih sedikit memproduksi air liur. Sementara air liur sangat dibutuhkan untuk menyingkirkan bakteri dari mulut. Bakteri yang tidak tersapu oleh air liur selama tidur, akan terus tumbuh dan menghasilkan senyawa sulfur yang mudah menguap, sehingga menyebabkan bau tak sedap keluar dari mulut Anda.

Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut

Apakah Anda sudah rutin sikat gigi pada pagi hari setelah tidur dan malam hari sebelum tidur? Bakteri selalu memakan protein, asam amino, dan sisa sisa makanan yang masih tersisa atau tersangkut di sela-sela gigi. Jika Anda tidak membersihkan gigi dan mulut di malam hari sebelum tidur, maka hal ini akan terjadi dan membuat mulut menjadi lebih bau di pagi hari saat terbangun dari tidur. Untuk itu, Pastikan Anda selalu membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan atau minuman sesaat sebelum pergi tidur. Ini bisa menurunkan kemungkinan Anda mengalami bau mulut yang parah di pagi hari.

YesDok Ads

Masalah gigi dan mulut

Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan gigi rutin setiap 6 bulan sekali? Jika belum, maka mulailah untuk melakukan kebiasaan baik ini. Melakukan pemeriksaan gigi rutin akan membuat Anda lebih sadar jika ada masalah pada gigi dan area mulut Anda.

Jika Anda memiliki penyakit gusi, rongga pada gigi, tambalan gigi yang retak, atau masalah pada gigi palsu yang kurang bersih, maka tak heran jika mulut Anda kerap berbau tidak sedap, terutama saat terbangun di pagi hari.

Merokok

Tak hanya bisa membuat air liur kering, merokok juga bisa menaikkan suhu dalam mulut. Ini akan menjadikan mulut sebagai sarang terbaik bagi para bakteri untuk berkembang biak. Kebiasaan merokok di malam hari juga akan memperburuk kondisi bau mulut di pagi hari.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads