Diet
+1

4 Efek Samping Bawang Putih Jika Dikonsumsi Berlebih

March 20, 2023 | Claudia

Efek Samping Bawang Putih

Bawang putih kerap dijadikan sebagai bumbu masakan dan tambahan untuk menyedapkan rasa makanan, tak heran jika banyak orang menyukainya. Akan tetapi, adakah efek samping bawang putih jika dikonsumsi secara berlebihan?

Bawang putih merupakan bahan dapur yang digunakan hampir dalam semua jenis masakan. Tak hanya digunakan untuk memasak, bawang putih juga biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Bawang putih mengandung sejumlah mineral penting, seperti kalsium, zat besi, yodium, dan lain-lain. Semua ini memang disebut-sebut dapat membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

Selain itu, bawang putih dikatakan bermanfaat bagi tubuh dalam banyak cara, termasuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melawan infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, konsumsi berlebih dari bawang putih, terlebih dalam kondisi yang masih mentah, dapat memengaruhi kesehatan tubuh dalam banyak hal.

Efek Samping Bawang Putih

Berikut ini merupakan beberapa efek samping bawang putih jika dikonsumsi secara berlebihan:

YesDok Ads

Merugikan hati

Mengonsumsi bawang putih secara berlebih dapat berbahaya untuk organ hati Anda. Sebuah penelitian mencatat bahwa, jika bawang putih dikonsumsi dalam jumlah besar, ini dapat menyebabkan keracunan hati karena bawang putih mengandung allicin, suatu senyawa yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi bisa merusak hati.

Diare

Diare bisa terjadi jika Anda mengonsumsi bawang putih dalam keadaan perut yang masih kosong. Orang-orang yang memiliki penyakit gas di perut harus sangat menghindari bawang putih. Ini karena bawang putih mengandung fruktan yang dapat menyebabkan kembung dan gas di dalam perut.

Mual dan muntah

Menurut National Cancer Institute, mengonsumsi bawang putih atau minyak bawang putih saat perut kosong, dapat menyebabkan perut menjadi mulas, mual, dan bahkan muntah. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Harvard Medical School juga menyatakan bahwa bawang putih memiliki senyawa tertentu yang dapat menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux atau GERD.

Memperburuk pendarahan

Anda tidak boleh mengonsumsi bawang putih bersamaan dengan obat pengencer darah. Ini karena bawang putih dapat meningkatkan risiko pendarahan. Selain itu, setelah operasi, seseorang tidak boleh mengonsumsi bawang putih selama minimal 2 minggu, karena dapat mengganggu tekanan darah.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: The Chopra Center)

YesDok Ads